Dukung Program Subak Lestari, Jaya Negara Buka Lomba Petakut, Pindekan lan Sunari

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membunyikan Kerpuakan tanda dibukanya lomba Petakut, Pindekan, lan Sunari di Subak Buaji, Kesiman, Denpasar. Foto: Ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar terus gencarkan penguatan program Subak Lestari serta mengedepankan kebudayaan dan kearifal lokal.

Hal ini kemudian menjadi salah satu program Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara lewat gelaran Lomba Petakut, Pindekan, dan Sunari tahun 2018.

Pelaksanaan lomba yang tampak ramai dihiasi dengan canda tawa anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut ini dibuka langsung Wakil Walikota IGN Jaya Negara dengan membunyikan Kerpuakan di Subak Buaji, Desa Pakraman Kesiman Denpasar pada Sabtu, (03/11).

“Program Subak Lestari yang digaungkan Pemkot Denpasar selain juga membenahi segi teknis, juga membantu petani untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas pertanian lewat program asuransi pertanian,

serta memberikan program beasiswa bagi anak petani yang masih bersekolah, melalui lomba petakut, pindekan dan sunari ini diharapkan dapat menjadi upaya pengenalan dan pelestarian nsur penting pertanian di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut menurut Jaya Negara bahwa pergeseran seperti alih fungsi lahan dan berubahnya pola budaya agraris masyarakat merupakan sesuatu yang tak bisa dihindarkan.

Menanggapi fenomena ini perlu lebih digencarkan inovasi seperti Urban Farming dan pertanian Hidroponik yang tidak memerlukan lahan luas namun mampu menghasilkan produktivitas hasil pertanian yang sesuai.

Disamping itu, dalam lomba kali ini dengan keterlibatan generasi muda dalam penguatan budaya mampu memberikan inovasi dan kreativitas yang baik dalam mendukung kesejahteraan rakyat.

Jaya Negara juga mengharapkan lomba ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan lewat kemasan kreatif melibatkan anak-anak serta sekaa teruna di banjar-banjar. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment