Nyabu, Mantan Pembalap PON Bali Divonis 14 Bulan Penjara

Denpasar/BaliNewsNetwork-Mentan pembalap motor Bali yang pernah turun diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) I Putu Tresna alias Jambrut yang terjerat kasus Narkoba, Kamis divonis 14 bulan penjara.

Dalam sidang, majelis hakim PN Denpasar pimpinan IGN Putra Atmaja dalam amar putusanya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nyoman Bela Putra Atmaja yang menyebut terdakwa terbukti bersalah sebagaimana dalam dakwaan akternatif kedua.

Yaitu secara tanpa hak atau melawan hukum menyalahgunakan Narkotika bagi dirinya sendiri. Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pada Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Tapi majelis hakim tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dimohonkan jaksa. Dimana pada sidang sebelumnya jaksa Kejari Denpasar itu menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun.

“Menghukum terdakwa I Putu Tresna dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 2 bulan,” sebuh Hakim IGN Putra Atmaja dalam amar putusanya.

Atas putusan itu, terdakwa yang didampingi pengacara Agus Gumawan Putra langsung menyatakan menerima. Sedangkan Jaksa Nyoman Bela menyatakan pikir-pikir. “Kami pikir-pikir yang mulia,” sebut jaksa asal Buleleng itu.

Dalam amar putusnya, majelis hakim juga memaparkan sejumlah fakta yang terungkap selama persidangan. Dianataranya, terkait penangkapan terdakwa.

Terdakwa ditangkap usai mengambil tempelan sabu-sabu di depan Pura Ulun Suwi Jalan Merthayasa. Dari tangan terdakwa polisi menyamakan Narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,86 gram.

Sebelum terdakwa ditangkap, terdakwa terlebih dahulu memesan sabu dari orang yang bernama Sulaiman seharga Rp1.600.000. Setelah membayar, Sulaiman menghubungi terdakwa untuk mengambil tempelan sabu di pintu SDN Jalan Merthayasa.

Dengan menggunakan sepeda motor, terdakwa yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bengkel itu berangkat mengambil sabu.

Tapi apes, setelah mengambil sabu yang disimpan didalam kaleng minuman penyegar itu, terdakwa ditangkap polisi dari Sat Narkoba Polresta Denpasar. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment