STIKOM Bali Kirim 64 Mahasiswa Kuliah di Taiwan – Di Antaranya 50 Orang Muda Flotim

Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Flores Timur Eman Lamuri dan Direktur LPK Darma Dede Heriyadhy serta pejabat struktural STIKOM Bali Group bersama para mahasiswa Taiwan asal. Foto: BNN/Ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork–Mulai tahun 2018 ini STIKOM Bali bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Taiwan mengirim sedikitnya 64 anak muda dari Bali dan Nusa Tenggara untuk kuliah di Taiwan. Dari 64 calon mahasiswa Taiwan ini, 50 di antaranya berasal dari Flores Timur.

“Delapan orang akan berangkat nanti malam jam 23.05 dari Bandara Ngurah Rai lalu transit di Kuala Lumpur, selanjutnya ke Taipei, ibukota Taiwan,” kata Dr. Dadang Hermawan, ketua STIKOM Bali ketika melepas 64 calon mahasiswa tersebut di Aula STIKOM Bali, Denpasar, Kamis (11/10/2018).

Lebih  jauh Dadang Hermawan menjelaskan, para mahasiswa ini nanti akan menempuh pendidikan di National Taiwan Ocean University, Taipei University  of Marine  Technlogy, Mingdao University dan Chienkuo Technology University.

“Mereka mengambil program studi perhotelan, agribisnis dan teknik mesin,” kata Dadang.

Dadang Hermawan menambahkan, menariknya program kuliah di Taiwan sambil kerja difasilitasi olerh perguruan tingginya sehingga para mahasiswa dapat membiayai diri sendiri, tanpa membebankan biaya kuliah dan biaya hidup selama di Taiwan kepada orangtuanya di Indonesia.

“Rata-rata gaji mereka Rp 12 juta per bulan. Nantinya 4 juta untuk biaya kuliah, 4 juta untuk biaya hidup dan masih ada  tabungan 4 juta plus tunjangan dari pemerintah Taiwan 1 juta. Jadi mereka bisa nyimpan 5 juta per bulan,” terang Dadang Hermawan.

Delapan mahasiswa berangkat pada 11 Oktober 2018

Sementara itu Direktur LPK Darma (STIKOMBali Group) Drs. Dede Heriyadhy, MM menambahkan LPK Darma  dipercayakan untuk merekrut,  mendidik dan menyiapkan segala dokumen para calon mahasiswa hingga pengurusan visa dan pemberangkatan.

“Karena banyaknya peserta, maka keberangkatan ke Taiwan mengikuti jumlah visa yang keluar. Nanti malam (Kamis, 11 Oktober) akan berangkat 8 orang, sisahnya minggu depan  dan  seterusnya,” terang Dede Heriyadhy.

Dalam kesempatan ini, Bupati Flores Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Flores Timur Eman Lamuri mengatakan sangat berterima kasih kepada STIKOM Bali dan LPK Darma karena telah memfasilitasi anak muda Flores Timur untuk kuliah di luar negeri, dalam hal ini Taiwan.

“Program ini sungguh luar biasa, sesuatu yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Karena itu begitu ada Tawaran dari STIKOM Bali kami sangat merespon dan segera menjalin kerja sama untuk mewujudkannya dan hari ini terbukti,” kata Eman Lamuri.

Menurut Eman Lamuri, program STIKOM Bali dan LPK Darma ini sejalan dengan salah satu visi dan misi duet Bupati – Wakil Bupati Flotim Anton Gege Hadjon – Agus Payong Boli untuk selamatkan orang muda Flotim.

“Karenanya kami memfasilitasi kredit murah bekerja sama dengan sebuah bank untuk biaya awal anak muda Flotim ini mulai dari Larantuka, di Bali dan selama 2 bulan pertama di Taiwan nanti, dan kami  berkomitmen agar program ini terus berlanjut,” kata Eman Lamuri. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment