Lagi, WN Malaysia Selundupkan Ganja Dituntut Penyalahguna

Debt collector asal Malaysia yang dituntut 2 tahun penjara. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Debt Collector asal Malaysia bernama Sharizal bin MD Salleh yang kedapatan menyelundupkan ganja dari negaranya benar-benar bernasib mujur atau bisa dikatakan mendapat perhatian lebih.

Bagaimana tidak, dalam sidang, Kamis (11/10) pria yang ketangkap membawa ganja diterminal kedatangan Bandara Ngurah Rai itu malah dituntut 2 tahun penjara karena terbukti sebagai penyalahguna Narkotika bagi dirinya sendiri.

Padahal saat ditangkap, petugas tidak menemukan adanya barang bukti lain selayaknya pengguna NarkotIka. Pun hasil tes urine terdakwa sebagaimana dalam surat tuntutan jaksa juga tidak mengandung sediaan Narkotika.

Namun Jaksa Paulus Agung Widaryanto dalam amar tuntutanya yang dibacakan dimuka sidang menyatakan terdakwa terbukti bersalah tanpa hak menggunakan Narkotika Golongan I bagi dirinya sendiri sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua.

Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. “Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun,” sebut Jaksa dalam amar tuntutanya.

Atas tuntutan yang super ringan itu, terdakwa melalui kuasa hukumnya, Baginda Sibarani menyatakan mengajukan pembelaan secara tertulis pada sidang selanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, terdakwa Sharizal bin MD Salleh yang laihir di Kuala Lumpur, Malaysia 41 tahun lalu ini ditangkap di terminal kedatangan Bandara Ngurah Rai pada tanggal 10 Maret 2018 pukul 13.30 Wita.

Terdakwa ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana secara tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, mengimpor, mengekspor atau menyalurkan Narkotika Golongan I.

Ditangkapnya terdakwa berawal petugas dari Bea dan Cukai melihat terdakwa membawa sebuah tas punggung warna hitam yang sudah ditandai agar dapat diawasi.

Selanjutnya tas punggung hitam yang sebelumnya sudah dicurigai petugas itu dipemeriksa menggunakan mesin X-Ray dan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Saat tas punggung diperiksa dan dibuka, petugas menemukan satu plastik klip yang didalamnya berisikan ganja seberat 0,41 yang disembunyikan dalam kaos merk Gildan. Atas temuan itu petugas lalu melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap terdakwa dan juga barang bawaanya. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment