Enam Kawanan Penculik Warga Bulgaria Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Enam terdakwa pencuri bule Bulgaria yang dituntut 1 tahun dan 6 bulan penjara. Foto: BNN/ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Enam terdakwa kasus penculikan seorang bule Bulgaria bernama George Jardanov, Kamis (11/10) dituntut sama rata, yaitu 1 tahun dan 6 bulan penjara.

Keenam terdakwa, Kaharman Thiomir, Asenov Danailov, Yusuf Efraim Kiuk alias Ken, Kamal Kupaci, Deti dan Yusten Horham Kapitan alias Justin oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Eddy Artha Wijaya dinyatakan terbuki bersalah sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua.

Yaitu setiap orang secara sadar atau tidak sadar mengambil kemerdekaan orang seseorang, atau melanjutkan perampasan kebebasan tersebut. Perbuatan para terdakwa melanggar Pasal 333 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1.

“Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum para terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 1 tahun dan 6 bulan,” sebut Jaksa Kejati Bali itu.

Atas tuntutan itu, para terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya masing-masing menyatakan mengajukan pembelaan. “Kami mengajulan pembelaan yang mulia,” sebut Erwin Siregar, pengacara terdakwa.

Diketahui, kasus penculikan ini berawal pada tanggal 1 Februari 2018 sekira pukul 11.00 Wita saat para terdakwa bersama temanya yang masih belum tertangkap berada di restoran Mr. Kebab (TKP 1). Saat itu Denis (belum tertangkap) meminta kepada Ken untuk memantau korban didepan warung Kebab.

Keesokan harinya ditempat yang sama sekira pukul 22.30 Wita, Ken bersama Kemal Kupaci melihat korban disebuah mini market dan langsung mendatanginya serta langsung memegang korban. Karena korban memberontak, Ken memukul wajah korban dan korban langsung menghindar dengan berlari kearah jalan.

Korban dikejar oleh Ken hingga terjatuh dan langsung dibawa kedekatan restoran Kebab. Sampai dihalaman restoran, terdakwa Ken menunjukkan sebuah foto di HP sambil terus menampar pipi kanan dan kiri korban. Tidak lama kemudian datang pelaku lain dan meminta korban untuk masuk kedalam dapur warung Kebab.

Tidak lama kemudian datang terdakwa Kahraman dan Toni dan ingin memukul korban namun dihalangi oleh pelaku lain. Tidak lama kemudian datang terdakwa Deti, Justin, dan langsung mendekati korban.

Selanjutnya para terdakwa dan pelaku lain yang belum tertangkap itu membawa korban dengan menumpang taksi menuju rumah kost di Jln. Lingkar Timur (TKP 2) . Sampai di kamar kost ini, para terdakwa dan pelaku yang belum tertangkap itu terus menyiksa korban sambil mengacam akan memenjarakan korban.

Selanjutnya pada tanggal 5 Februari 2018, polisi yang mendapat laporan akan adanya penculikan dan penyekapan terhadap warga Bulgaria langsung melakukan penyelidikan. Tidak lama kemudian polisi berhasil menangkap keenam terdakwa. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment