Simpan 4 Paket Ganja, Mantan Pegawai Jumantik Terancam 15 Tahun Penjara

Denpasar/BaliNewsNetwork-Yosua Simbolon (20) yang pernah bekerja sebagai pegawai Jumantik (juru pemantau jentik), Selasa (02/10) diadili karena kedapatan menyimpan 4 paket ganja kering.

Selain menyimpan 4 paket daun, batang dan biji ganja, terdakwa yang tinggal di Perum Graha Mandiri Blok A1 Nomor 3 Banjar Bumi Kerta itu juga kedapatan menyimpan 9 paket Nakotika jenis sinte (tembakau gorila).

Akibat perbuatanya, terdakwa kelahiran Bandung, Jawa Barat ini pun terancam hukuman penjara selama 12 tahun. Sebab, Jaksa Penutut Umum (JPU) Kadek Wahyudi Ardika mejerat terdakwa dengan dua pasal berlapis.

Yaitu Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika pada dakwaan kesatu dan Pasal 112 ayat (1) UU Narkotika Jo Permenkes No. 41 Tahun 2017 Tentang penggolongan Narkotika.

Dalam sidang pimpinan Hakim Dewa Budi Watsara itu masih mengagendakan pembacaan dakwaan jaksa. Dalam dakwaan diterangkan terdakwa ditangkap polisi di Jalan Jaya Giri XIII depan rumah No 9 pada tanggal 8 Mei 2018 silam sekira pukul 18.30 Wita.

Seperti biasa, sebelum terdakwa ditangkap, tim Satresnarkoba Polresta Denpasar terlebih dahulu menerima laporan dari masyarakat terkait perdaran Narkotika. Atas laporan itu langsung dilakukan penyelidikan.

Hasilnya polisi berhasil menangkap terdakwa dan langsung dilakukan penggeledahan badan. Saat digeledah, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 plastik klip yang didalamnya berisikan ganja.

“Selain itu petugas juga mengamankan 9 plastik klip yang didalamnya berisikan Narkotika jenis sinte (tembakau gorila) dan juga satu linting ganja,” ujar Jaksa Kejari Denpasar itu sebagaimana dalam dakwaanya.

Kepada petugas terdakwa mengaku Narkotika yang ditemukan pada dirinya adalah miliknya yang diperolah dari orang yang bernama Syno (DPO).

Sementara terkait keberadaan terdakwa di TKP, terdakwa mengatakan telah membuat janji dengan seseorang yang akan membeli Narkotika tersebut.

Tak hanya itu, kepada petugas terdakwa juga mengaku masih menyimpan Narkotika di rumahnya. Petugas pun langsung bergerak menuju rumah terdakwa dan melakukan penggeledahan.

Dari penggeledahan di rumah terdakwa, polisi kebali ganja kering yang dibungkus dengan kertas putih dan 2 paket sinte (tembaku gorila). (Pro)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment