Fitur Terbaru Google Search dengan Kecerdasan Buatan

Penulis: Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi

STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Jika Android baru saja merayakan ulang tahun ke-10, Google Search punya usia yang lebih tua. Mesin pencari ini kini genap berusia 20 tahun pada September tahun ini. Selama perjalanan dua dekade, Google Search mengalami banyak perubahan. Termasuk penambahan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna melakukan pencarian. Memeringati hari lahirnya yang ke-20, Google pun merilis beberapa fitur baru untuk Google Search.

Istimewanya, fitur ini juga disinyalir menggunakan teknologi kecerdesan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Tujuannya, tentu untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan untuk pengguna. Berikut ini adalah beberapa fitur terbaru pada Google Search dengan kecerdasan buatan.

Active Card

Fitur terbaru pada Google Search yang pertama yaitu Activity Card. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan penelusuran terkait serta pencarian sebelumnya yang pernah kamu lakukan. Fitur ini akan muncul di atas hasil pencarian keyword yang kamu masukkan. Tentunya penelusuran yang ditampilkan pun memiliki topik yang sama. Sehingga, melalui fitur ini, kamu akan lebih mudah menemukan kecocokan informasi antara penelusuran yang sedang dilakukan dengan penelusuran yang telah dilakukan dengan kata kunci yang sama. Collections, agar pengguna bisa menyimpan dan mengatur penelusuran seputar topik tertentu.

Collections

Fitur kedua adalah Collections atau koleksi. Sesuai dengan namanya, fitur ini hadir agar pengguna bisa menyimpan dan mengatur penelusuran seputar topik tertentu. Collections ini juga berhubungan dengan activity card di mana Anda bisa menyimpan hasil pencarian yang muncul pada bilah activity card dan menambahkannya ke koleksi.

Discover

Fitur ketiga adalah Discover, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol dan informasi yang lebih rinci atas konten yang muncul pada halaman pencarian. Fitur Discover ini akan hadir di halaman Google Search untuk pengguna mobile. Selain itu, Google juga membuat pencarian gambar dan video jadi lebih cerdas. Ketika pengguna mencari sebuah video maka Google akan menampilkan cuplikan (preview) pada video yang sesuai dengan kata kunci yang dicari. Sedangkan untuk pencarian gambar, Google kabarnya telah merombak sejumlah algoritma dan menambah kemampuan Google Lens untuk melakukan pencarian.

Pathways

Fitur terakhir yang paling baru pada Google Search yaitu Pathways. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mencari lowongan kerja. Sebab, Pathways tidak hanya menampilkan beragam lowongan kerja tetapi juga akan menunjukkan rincian program pelatihan yang bisa kamu ambil sebagai persiapan untuk memulai karir.

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment