Pemda Flotim Jangan Abaikan IWAPI

Ketua DPD IWAPI Propinsi NTT, DR.Ince Sayuna, SH.M.Hum, menyerahkan SK Pelantikan dan Pengukuhan Badan Pengurus DPC IWAPI Flotim kepada Ketua DPC IWAPI Flotim, Siti Rugaya, Sabtu (22/09). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Hadirnya Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Cabang Flores Timur mendapat pujian dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Flores Timur. Kehadiran IWAPI di bumi Lamaholot Flores Timur dinilai KADIN sebagai langkah maju pengusaha perempuan Indonesia di Flotim untuk berbenah. Oleh Karena itu kepada Pemerintah Daerah Flores Timur, KADIN meminta untuk tidak mengabaikan organisasi pengusaha perempuan yang kini dipimpin Siti Rugaya tersebut.

Mewakil Ketua KADIN Flotim,Mell Fernandes, Vero Lamahoda dalam sambutannya di acara pelantikan dan pengukuhan Badan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IWAPI Flotim, Sabtu, 22 September 2018 bertempat di Aula Setda Flotim, dengan lantang mendesak Pemda dan para pemangku kepentingan lainnya untuk membuka ruang membahas peluang usaha berbasis perempuan.

“Hadirnya IWAPI Flotim patut kita pandang sebagai langkah maju pengusaha perempuan untuk berbenah karena  mereka telah memulai dengan sederet persoalan yang menghimpit kegiatan berusaha.Persoalan-persoalan tersebut antara lain dukungan keluarga,kualitas dan kuantitas serta yang paling parah adalah pemasaran! Dan masih banyak persoalan lainnya yang menghimpit kegiatan berusaha perempuan-perempuan Lamaholot Flotim. Saya memberi catatan kepada para pihak, kepada Bapak Bupati, Kepada Bapak Ketua DPRD dan juga KADIN Flotim, tentunya, kita memerlukan sebuah ruang untuk membahas peluang usaha berbasis perempuan,” pinta Vero Lamahoda.

Walau belum memiliki data riil terkait jumlah perempuan Flotim yang sedang menjalankan usahannya,namun Vero Lamahoda dengan bangga menguraikan kenyataan lapangan tentang mendominasinya perempuan-perempuan Lamaholot dalam dunia usaha mikro, yang oleh Vero merupakan sebuah kekuatan besar dalam menjalankan roda perekonomian di Flotim. Oleh karena itu Vero Lamahoda lagi-lagi mendesak Pemda Flotim untuk memasukan IWAPI Flotim sebagai bagian dari ‘banyak yang harus diselamatkan’ itu.

“IWAPI kini telah ada,mereka telah ada dan berguna bagi Kabupaten ini dan keluarga mereka.Moment hari ini merupakan bentuk pengakuan dan dukungan Pemda Flotim.Langkah selanjutnya adalah tindakan rill, bagaimana melakukan pendampingan yang pemula,mendorong yang belum memulai,dan memfasiltasi yang sedang berjalan,dengan liding sektornya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan.Para pihak  patut memadang dan menjadikan Iwapi sebagai kekuatan baru pergerakan roda ekonomi kabupaten Flotim. Bupati, dan Ketua DPRD, jangan abaikan kelompok ini. Tetapi masukan mereka sebagai bagian dari yang harus di selamatkan. Kita punya banyak selamat, tetapi saya ingin katakan bahwa kelompok ini juga harus diselamatkan terutama kelompok akar rumput yang biasanya kita lihat berjemur di terik matahari dan berbasah di kala hujan. Menjadi tugas kita semua untuk melakukan pembenahan ini,” tegas Vero Lamahoda sembari mengajak IWAPI untuk menyadari bahwa IWAPI Flotim adalah rumah semua perempuan Flotim, tempat untuk mengedukasi diri demi kemajuan usaha.

Tidak ada orang sukses tanpa melalui proses, demikian Vero Lamahoda menutup sambutannya.(Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment