Rektor IKTL Alirkan Spirit Generasi Cerdas, Inovatif, dan Berkarakter

Rektor Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) Vinsensius Crispinus Lemba, S.Fil, M.Pd, membawakan sambutannya di Kuliah Umum IKTL, Tahun Akademik 2018/2019, Jumat (21/09). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewwsNetwork-Mengawali Tahun Akademik baru (2018-2019), Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) menggelar Kuliah Umum, Jumat, 21 September 2018 dengan menghadirkan pemateri Agustinus Payong Boli, SH, (Wakil Bupati Flores Timur), dan Ketua Yapersuktim, Romo Thomas Labina dengan menggumuli tema IKTL Menuju Generasi yang Cerdas, Inovatif, dan Berkarakter.

Rektor IKTL, Vinsensius Crispinus Lemba, S.Fil, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan pilihan tema oleh Panitia Kuliah Umum Tahun Akademik 2018/2019 tersebut penting untuk digeluti bersama karena terkandung didalamnya tantangan sekaligus tugas serta tanggungjawab Perguruan Tinggi termasuk IKTL untuk menyiapkan generasi bangsa yang terangkung dalam tiga kata kunci, cerdas, inovatif dan berkarakter.

“Cerdas (Kecerdasan), menurut saya terterangkum dalam tiga hal kecerdasan  yakni: Kecerdasan Budi, Kecerdasan Jiwa (hati), dan Kecerdasan Raga, (fisik) yang  semuanya itu terikat dalam satu Kecerdasan Jiwa, (hati) atau lazim disebut Kecerdsan Spiritualitas. Sedangkan Inovatif-Inovasi adalah suatu upaya kita untuk menggali, mengembangkan pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang dapat digunakan bagi kehidupan masyarakat banyak. Inovasi mengedepankan gagasan, pikiran baru. Hal-hal  baru itu lah yang dibutuhkan masyarakat agar kita bisa maju bersama. Sementara itu Berkarakter: Karakter itu menurut saya adalah mendemonstrasikan etika, atau sistem nilai pesonal yang ideal, berhubungan dengan hal baik dan hal penting untuk eksistensi diri dan perkembangan kita bersama. Di sini sebenarnya kita membutuhkan yang namanya pendidikan karakter itu,” jelas Vinsensius Lemba sembari menambahkan Pendidikan Karakter menjadi salah satu kekhasan lembaga pendidikan termasuk Perguruan Tinggi, pun pula   IKTL  tentunya.

Disamping itu, Pendidikan Karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai,budi pekerti, moral, untuk mengembangkan kemampuan kita semua uagar dapat memutuskan sesuatu apakah itu baik atau buruk dan memelihara apa yang baik serta meluncurkan kebaikan itu dalam kehidupan kita setiap hari. Tentunya Pendidikan Karakter ini haru menjadi suatu perhatian dari IKTL dan harus terintegrasi dalam kurikulum yang digunakan oleh wadah kita.

“Tiga kata kunci inilah yang menjadi  inspirasi awal bagi kita semua di Tahun Akademik yang baru ini. Marilah kita semua untuk bersama-sama menggeluti Tema ini bersama kedua pemateri kita, Ama Agustinus Payong Boli,Wakil Bupati Flores Timur dan Romo Thomas Labina, dosen IKTL sekalius Ketua Yapersuktim. Tak lupa, mewakili civitas akademia IKTL, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Flores Timur yang memberikan perhatian besar kepada IKTL. Kami berkomitmen untuk tetap bekerjasama dengan Pemda Flotim, menyukseskan semua program kerja Pemda Flotim.” (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment