Lamaholot Tanah Pancasila, Solor Tanah Terberkati

Wakil Bupati Flores Timur  melakukan peletakkan batu pertama Pembangunan Masjid Al-Farisy Pondok Pesantren  Madinatunnajah Kesultanan Menanga,Solor Timur,Minggu  (16/09). Foto: BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork-Realitas kehidupan masyarakat Lamaholot, Flores Timur yang sungguh beriman dan bertagwa, menjalin hubungan sosial kemasyarakatan dengan menjujung tinggi persatuan, persaudaraan, selalu mengedepankan asas musyawarah untuk mufakat  dan menjalankan prinsip keadilan sosial dalam aktivitas kesehariannya membuat Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli,SH berbangga. Karena kebanggaannya tersebut, Wabup Agus Boli lantas menamakan Tanah Lamaholot adalah Tanah Pancasila.

Wabup Agus Payong Boli mengungkapkan hal tersebut dalam sambutannya pada acara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al-Farisy di Pesantren Madinatunnajah Kesultanan Menanga,Kecamatan Solor Timur, 16 Sepetember 2018 .

Sembari meriwayatkan keindahan pergaulan sosial antara pemeluk agama Islam dan Katolik di desa Menanga khususnya dan Solor pada umumnya serta kisah masuknya agama Islam dan Katolik di nusa Solor dalam kisah misi Solor,mendorong ‘istri’ politis Bupati Anton Hadjon tersebut memetrai Nusa Solor sebagai Tanah Yang Terberkati. Sedangkan kehadiran Pesantren Madinatunnajah di Desa Menanga, bagi Wabup Agustinus Payong Boli merupakan sebuah Oase di padang gersang Menanga, Solor.

“Kehadiran Pondok Pesantren ini saya sebutkan sebagai Oase di Padang gersang Menanga Solor. Insaallah para santri  yang lahir dari pondok ini  adalah calon-calon pemimimpin masa depan yang membawa selalu kedamaian ,harapan dan sukacita bagi alam beserta seluruh isinya,untuk siapapun dan di manapun apakah itu sesama muslim  maupun untuk Lamaholot secara utuh karena kita memiliki agama masing-masing tapi Nuba Nara Ehan,Nuba Nara Lamaholot,Kakan Keru-Arin Baki. Leluhur kita telah mewariskan kehidupan yang beradab,oleh karena itu toleransi di Lamaholot adalah hal mutlak!,” tegas Wabup Agus Boli  yang nampak bersemangat memacu semangat hidup bertoleransi dalam kekayaan iman.

Wabup Agus Boli memberikan apresiasi kepada pimpinan Pesantren Madinatunnajah  Kesultanan Menanga yang telah berusaha mendekatkan Tuhan dengan umat Muslim Menanga melalui  Masjid Al-Farisyi. Bagi Wabup Agus Boli,dengan adanya pembangunan Masjid Al-Farisy otomatis  meningkatkan keimanan umat Muslim, dan semakin mendekatkan umat Muslim dengan Yang Maha Kuasa.Dengan demikian melahirkan atau menghasilkan umat dan masyarakat yang berahklak baik.

Acara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al-Farisy Kesultanan Menanga  tersebut dihadiri oleh Direktur Pesantren Madinatunnaja Kesultanan Menanga, Basuki Lukman,S.Pdi, Ketua Wanita Islam Hj. Umi Bethan,Pimpinan  MTs  Pondok Pesantren Madinatunnajah Kesultanan Menanga, Tajudin Ahmad, S.Pd.I. bersama anggota, Ustad Narjo Patinegara, Ketua Bidang Organisasi Pemuda Muhamadiyah FLores Timur, Sulaiman Nurdin, para murid Pesantren  baik MTs dan MA dan umat Muslim Menanga, Kewuta dan Lamakera. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment