Dosen STIKOM Bali Tularkan Iptek untuk Kembangkan Kerajinan Kerang

Tim dosen STIKOM Bali foto bersama UKM mitra usai kegiatan pengabdian masyarakat. Foto: BNN/ist.

Tabanan/BaliNewsNetwork-Belum lama ini tim dosen STIKOM Bali kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, dimana kali ini pilot projectnya di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan yang merupakan salah satu desa pengrajin kerang. Kegiatan ini dilakukan melalui program hibah dosen dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang menyediakan dana untuk melakukan kegiatan pengabdian, membantu masyarakat melalui UKM. Salah satu skema hibah yang diberikan adalah PKM (Program Kemitraan Masyarakat) seperti pengabdian yang dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian dari STIKOM Bali.

Ketua tim pelaksana kegiatan, Ni Putu Linda Santiari menjelaskan kegiatan pengabdian ini dilakukan pada 2 UKM mitra yang dibantu yaitu UMK Bali Kerang dan Mozaik Hindu Bali yang terletak di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

“UKM yang kami bantu bergerak di bidang kerajinan berbahan kerang. Ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan, seperti pemberian alat-alat pendukung produksi, dan pelatihan pemasaran secara online,” jelas Ni Luh Putri Srinadi selaku anggota pelaksana pengabdian.

Lebih lanjut, anggota tim pelaksana lainnya, Sugiartha menambahkan pengabdian masyarakat ini terbagi atas beberapa kegiatan, mulai dari sosialisasi kegiatan pada mitra, penyerahan alat-alat produksi, pelatihan penggunaan alat produksi, pengambilan data untuk pemasaran online, pembuatan dan pelatihan media pemasaran online, hingga evaluasi dan monitoring kegiatan. “Kedua UKM yang kami bantu sangat antusias mengikuti pelatihan-pelatihan yang kami berikan. Kami dibantu oleh para pakar yang mahir di bidangnya untuk memberikan pelatihan,” ungkapnya.

Sementara itu, I Made Wintara selaku pemilik Bali Kerang mengakui kegiatan bantuan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan skill dalam mengembangkan usaha kerajinan berbahan kerang. (ri)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment