PKK Adonara Timur Menangkan Lomba Desain Busana Kembaran Daerah Kombinasi Tenun Ikat Flotim

Salah satu peserta lomba Desain Busana Kembaran Daerah Kombinasi Tenun Ikat Flotim asal Kecamatan Titehena. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-PKK Kecamatan Adonara Timur menjuarai perlombaan Desain Busana Kembaran Daerah kombinasi Tenun Ikat Flores Timur  pada Kegiatan Jambore Kader  PKK dan Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Flores Timur, yang diadakan di Rujab Bupati Flores Timur, Jumat, 7 September 2018. Peserta dengan nomor undian 14 tersebut berhasil menggungguli lawan-lawannya dengan mengumpulkan poin  1.676. Juara II berhasil disabet PKK Kecamatan Titehena. Peserta lomba dengan nomor undian 9 itu berhasil memikat hati  dewan juri dan mengumpulkan nilai 1.650. PKK Titehena menampilkan mode dress dengan tenun busana kerja berkombinasi  kain sabin dan sepatu. Tenunan yang ditampilkan berbentuk ruit bersambung dengan motif bervariasi. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ruit yang besar digambarkan sebagai pemimpin dan yang kecil sebagai masyarakat. Di dalam motif ruit besar bersambung, terdapat motif-motif kecil, yang melambangkan  para pemimpin yang mengayomi masyarakatnya. Ada  juga motif anak panah yang saling berpaut,melambangkan perdamaian. Akhir dari peperangan adalah perdamaian.Kain merah disesuaikan dengan warnah dasar tenunan melambangkan pertumpahan darah saat peperangan yang memperlihatkan arti keberanian ,kesetiaan, kerjasama dan semangat juang untuk memperoleh hak miliknya. “Jadi motif tenun Titehena adalah gambaran jiwa para leluhur yang mendiami suatu wilayah. Nilai hidup para leluhur  tersebut menjadi nilai budaya dan  menjadi karakter bangsa yang harus diwariskan dari generasi ke generasi,” urai sang narator asal Titehena yang menjelaskan pemaknaan kekhasan tenunan Titehena.

Peserta lomba Kecamatan Ile Mandiri

Sementara itu peserta dengan nomor undian 13 asal Kecamatan Ilebura mengumpulkan poin 1.635 lebih tinggi dari Kecamatan Ile Mandiri  yang  mendapat nilai dewan juri 1.625. Otomatis PKK Kecamatan Ile Bura menempati posisi juara III dan Ile Mandiri melalui peserta dengan nomor undian 3 menyabet juara IV. Sedangkan peserta asal Kecamatan Adonara Barat berhasil menggeser posisi Solor Selatan ke urutan VI  dengan poin 1.615. Adonara Barat  bertengger pada peringkat V mengalahkan Solor Selatan yang hanya mengumpulkan poin 1.600 melalui peserta dengan nomor undian 18. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment