Selundupkan Sabu Dalam Anus, Suhardi  Divonis 13 Tahun

Terdakwa Suhardi tetap bisa tersenyum lebar karena hanya divonis 13 tahun penjara. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Suhardi (24) satu dari tiga terdakwa yang menyelundupkan Narkotika jenis sabu-sabu dengan cara disembunyikan di dalam anus dari Bankok, Thailand ke Bali, masih bisa tersenyum karena hanya divonis hakim selama 13 tahun penjara, Kamis (30/08) di PN Denpasar.

Vonis hakim ini dua tahun lebih ringan dari tuntuta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gede Raka Arimbawa yang sebelumnya memohon agar majelis hakim menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama tiga 15 tahun.

Meski begitu, dalam amar putusnya majelis hakim yang diketuai Dewa Budi Watsara menyatakan sependapat dengan Jaksa yang menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 113 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotik.

Yaitu Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum, memproduksi, mengimpor, mengekspor, atau menyalurkan Narkotika Golongan I yang beratnya melebihi lima gram.

Namun majelis tidak sependapat dengan lamanya tuntutan hukuman yang dimohonkan jaksa. Setelah mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan majelis memangkas hukuman terdakwa menjadi 13 tahun penjara.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 13 tahun,” ketok palu hakim di ruang sidang Candra. Tidak hanya hukuman pidana penjara, majelis hakim  juga menuntut terdakwa dengan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun.

Atas putusan tersebut, terdakwa yang kini menyusul dua rekannya yang sudah divonis hakim langsung menerima sambil tersenyum saat keluar sidang.

Dalam surat dakwaan, Suhardi bersama terdakwa lain Airinda dan Amirul membagi 12 paket menjadi masing-masing membawa 4 bungkus. Sabu-sabu itu mereka masukan ke dalam anus dan dalam vagina bagi terdakwa Airinda.

Tanggal 11 Maret 2018 mereka pun berangkat dari Thailand menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurai Rai, menumpang pesawat Thai Air Asia FD-396.

Tiba di bandara Ngurai Rai, mereka menuju terminal kedatangan dan ke Pos Pemeriksaan Bea dan Cukai. Dari pemeriksaan petugas, ketiganya diamankan. “Total sabu-sabu yang dibawa Suhardi 165,57 gram brutto atau 162,85 gram netto,” beber Jaksa Arimbawa. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment