Jadi Titik Singgah Kapal Tol Laut,Pelabuhan Tobilota Mulai Dikembangkan

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Larantuka,Simon B.Baon.Foto :BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Masuknya pelabuhan Tobilota, di Kecamatan Wotan Ulumado, Kabupaten Flores Timur  sebagai pelabuhan singgah  baru bagi  Kapal Tol Laut, berdampak pada pengembangan kawasan pelabuhan Tobilota itu sendiri. Pemerintah Kabupaten Flores Timur pun agresif membangun koordinasi lintas sektor menuju pengembangan pelabuhan tersebut.

Kepala Unit Kantor Penyelenggara Pelabuhan Larantuka,Simon B.Baon yang dikonfirmasi balinewsnetwork.com usai  mengikuti pertemuan koordinasi lintas sektor yang digelar diruang kerja Asisten II  Setda Flotim, Senin, 27 Agustus 2018 ,menuturkan dalam pertemuan koordinasi lintas sektor  terkait  rencana pengembangan pelabuhan Tobilota tersebut  telah disimpulkan beberapa hal termasuk didalamnya adalah kerelasediaan masyarakat menghibahkan lahan dan pengembangan infrastruktur yang selanjutnya akan dihibahkan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Saya barusan mengikuti rapat koordinasi yang digelar Pemkab Flotim bersama stakeholrder terkait diantaranya Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan,dan OPD terkait. Kami membahas terkait lahan dan pengembangan infrastruktur  yang akan dihibahkan ke Kementerian Perhubungan. Rapat menghasilkan beberapa kesimpulan penting.Salah satu diantaranya adalah Pemerintah Daerah dalam proses ini  akan serahkan lahan melalui  kesepakatan  dengan masyarakat untuk selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Perhubungan,” ujar Simon B.Baon.

Bagi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Larantuka,Pelabuhan Tobilota adalah pelabuhan feeder (pelabuhan pengganti,pengisi) dari pelabuhan Larantuka sehingga perlu dikembangkan guna mendukung program pemerintah kabupaten Flotim sehubungan dengan tol laut ini.

Terkait pengembangan konstruski pelabuhan Tobilota, orang pertama di lingkup Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III  Larantuka itu menjelaskan bahwa konsepnya mengerucut pada master plan rencana induk pelabuhan Tobilota yang bakal disusul dengan detail engineering design. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment