Aplikasi Untuk Memantau Informasi Gempa Bumi

Penulis: Dedy Panji Agustino
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Beberapa hari lalu, gempa susulan masih terus terjadi di wilayah lombok dan sekitarnya termasuk terasa hingga ke pulau Bali. Gempa-gempa ini terjadi merupakan rangkaian dari gempa dengan kekuatan 7.0 SR yang mengguncang lombok pada 5 Agustus 2018 yang lalu. Bencana yang menelan ratusan korban jiwa ini pun masih meninggalkan trauma yang mendalam bagi kita yang merasakannya. Di tengah suasana panik gempa seperti ini, kita tentunya tidak boleh mempercayai begitu saja kabar atau informasi yang belum tentu benar atau HOAX yang banya beredar terutama di media sosial. Untuk itu kita perlu mengakses informasi yang valid sebagai referensi kita. Untuk Indonesia, kita dapat mengacu pada informasi yang diberikan oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) sebagai lembaga yang berwenang. Informasi yang disediakan pun sudah sangat mudah untuk kita akses. Saat ini BMKG telah memiliki aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi gempa terkini secara akurat. Selain aplikasi dari BMKG ada juga beberapa aplikasi lain yang dapat memberikan informasi terkini tentang kejadian gempa bumi, apa saja aplikasi tersebut? berikut ini aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh informasi terkini tentang gempa bumi:

Info BMKG 

Info BMKG adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh BMKG. Ada beberapa fitur yang disediakan seperti notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info aktual seputar BMKG. Pengguna juga bisa memperoleh informasi seputar prakiraan cuaca berdasarkan lokasi. Untuk informasi gempa bumi, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna.

Disaster Alert 

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melacak peta bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir dan kebakaran hutan. Bahkan, aplikasi ini bisa melacak pesebaran wabah suatu virus. Didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC, disaster Alert akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS. Pengguna juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang berbahaya.

QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts

Aplikasi gratis ini diperuntukan khusus bagi pengguna iOS, baik iPhone maupun iPad. Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk menginformasikan gempa yang terjadi. Sejauh ini, aplikasi hanya bisa mendeteksi gempa bermagnitudo 1,0 di Amerika Serikat dan 4,5 skala richter di negara lain. Saat membuka aplikasi ini, pengguna akan disuguhkan apa yang sedang terjadi di peta Ring of Fire. Pengguna bisa melacak daftar gempa yang baru terjadi dan memperbesar petanya untuk mengetahui di mana tepatnya bencana tersebut terjadi. Aplikasi ini akan memberi tahukan informasi gempa yang terjadi di sekitar lokasi pengguna dan juga memberikan informasi seputar gempa yang sedang terjadi di wilayah tertentu, sesuai yang ingin dilihat pengguna. Dengan begitu, jika memiliki sanak saudara yang sedang di wilayah bencana, pengguna bisa langsung mengetahui dan mencoba menghubungi mereka. Lebih lanjut, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memasang tanda bahaya hanya jika magnitudo gempa berada di skala tertentu.

Earthquake Alerts! 

Earthquake Alert, adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memperoleh sebuah informasi terbaru mengenai adanya gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia dengan ukuran diatas 1,0 SR (Skala Richter). Beberapa fitur yang ada pada aplikasi Earthquake Alert, antara lain adalah info berupa peta dan daftar gempa terbaru, info gempa yang terjadi di dunia, dapat mengatur info yang di terima berdasarkan radius dari lokasi tempat tinggal, peta untuk menunjukkan besaran gempa, melihat rincian melalui situs USGS, alarm dan pemberitahuan, tampilan peta satelit, serta dapat berbagi info gempa langsung ke Facebook dan media sosial lainnya.

Nah, itulah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendapat informasi terkini ketika terjadi bencana gempa bumi. Jadi jangan sampai kita mempercayai info HOAX yang banyak beredar ketika bencana gempa bumi terjadi ya.

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment