Setubuhi Anak Dibawah Umur, Dua Pemuda Tanggung Divonis 8 Tahun Penjara

Terdakwa Muhamad Amin Yanuar dan Komang Yudhi Hendrawan hanya bisa pasrah saat divonis delapan tahun penjara. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork- Dua terdakwa yang menyetubuhi anak dibawah umur, masing-masing Muhamad Amin Yanuar alias Amin dan Komang Yudhi Hendrawan akhirnya menerima hukuman yang setimpal. Sebab, pada sidang, Senin (13/8) keduanya divonis hukuman masing-masing delapan tahun penjara.

Majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi dalam amar putusnya menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana memaksa anak untuk melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

Perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 81 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang perubahan atas UU RI No. 23 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Menghukum kedua terdakwa dengan pidana penjara selama delapan tahun,” sebut Hakim Adnya Dewi dalam amar putusanya. Atas putusan itu, Jaksa I Gusti Ayu Rai Artini yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 10 tahun menyatakan pikir-pikir.

Sementara itu sebagaimana dalam dakwaan jaksa dipaparkan, dalam kasus ini ternyata selain Amin dan Hendrawan, ternyata masih ada tiga terdakwa lagi yaitu Angga Bayu Lasmana, Muhamad Arya Maulana alias Arya dan Deden Tedy Irawan alias Deden yang juga menjadi terdakwa.

Kasus ini berawal saat korban DAP (15) datang ke rumah saksi Irfan Alex di Jln. Palapa, Denpasar tanggal 6 Februari 2018 sekira pukul 16.14 Wita. Korban datang ke rumah saksi Irfan karena sebelumnya diminta oleh terdakwa Amin untuk membeli rokok dan membawa ke rumah Irfan.

Setelah menyerahkan rokok, korban mengatakan akan pulang. Namun dicegah oleh para terdakwa. Dari sinilah lalu para terdakwa menyetubuhi korban secara bergantian. Korban sempat menolak, tapi para terdakwa tetap terus menyetubuhi korban. (pro)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment