Ajak Masyarakat Selalu Jaga Kebersihan, Rai Mantra Lepas Jalan Santai Desa Pemogan

Rai Mantra melepas pesera jalan santai di Desa Pemogan. Foto: BNN/ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Ribuan masyarakat Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan tumpah ruah ke jalan untuk mengikuti jalan sehat sekaligus melaksanakan bersih-bersih lingkungan serangkaian menyambut Hut RI ke-73.

Semangat masyarakat untuk mengikuti jalan santai memuncak ketika Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Camat Denpasar Selatan, Wayan Budha melepas peserta jalan santai di Bantaran Sungai Badung Timur Desa Pemogan pada Minggu (12/8).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Desa Pemogan serta mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kegiatan jalan sehat bisa diisi dengan kegiatan pungut sampah di sepanjang jalur lintasan. Sehingga kegiatan di samping memberikan dampak kesehatan juga berdampak pada kebersihan lingkungan,’’ ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, tidak hanya lingkungan saja, sungai pun harus mendapatkan perhatian yang serius dan melarang keras masyarakat menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah dan juga limbah.

“Kita harus secara bersama-sama mewujudkan Denpasar bersih, sehat, dan hijau, hal ini harus di mulai dari diri sendiri,” ujar Rai Mantra .

Perbekel Desa Pemogan, Nyoman Gede Wiryanata mengatakan berbagai kegiatan telah dilaksanakan seperti jalan sehat, panjat pinang, gebug bantal yang dipadukan dengan kegiatan Pekan Olah Raga Masyarakat Desa (Pormides).

Di mana kegiatan ini bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan menuju Pemogan yang damai, aman dan bermartabat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena selain sebagai ajang hiburan untuk masyarakat juga dapat mengetahui betapa pentingnya sebuah budaya kebersamaan yang ada dan lebih memahami bagaimana cara melestarikan lingkungan dan menjaga budaya kebersamaan tersebut agar suatu saat nanti dapat diingat dan dijadikan warisan untuk generasi berikutnya”, ujar Wiryanata.

Lebih lanjut Wiryanata mengatakan terkait permasalahan kebersihan menurutnya sudah sepantasnya kita selaku masyarakat wajib untuk ikut menjaga kebersihan.

Hal ini tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah, namun mampu secara bersama-sama mendukung pemerintah mewujudkan lingkungan bersih. Lewat kegiatan jalan santai ini di samping untuk kesehatan juga diharapkan memberikan dampak bagi lingkungan.

“Kegiatan seperti ini kedepannya akan kami lakukan secara berkelanjutan, selain itu  kegiatan seperti ini untuk merangsang generasi muda dan masyarakat ikut serta peduli dan tergerak bersama terhadap kebersihan, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman,” kata Wiryanata. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment