Juniver Girsang : Dengan E-Court,Tak Ada Lagi Advokat Bodong Berkeliaran

Juniver Girsang. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Terbitnya Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (E-Court) disambut baik oleh Peradi pimpinan Juniver Girsang.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Juniver Girsang yang ditemui disela-sela acara sosialisasi e-court di Pengadilan Tinggi Denpasar garapan DPC Peradi Denpasar pimpinan Wayan Purwita mengatakan, dengan e-court ini sudah dapat dipastikan tidak ada lagi pengacara bodong berkeliaran di Pengadilan.

Sebab, kata Juniver Girsang, melalui e-court semua data advokat, mulai dari berita acara sumpah hingga alamat kantor terekam dengan baik dalam sistem yang tersimpan di setiap Pengadilan.

“Jadi kalau ada advokat yang menggunakan berita acara sumpah yang palsu dan ijazah palsu, tidak akan bisa melakukan registrasi di e-court ini,” ungkapnya.

Yang tak kalah pentingnya lagi kata Juniver Girsang, dengan adanya e-court ini, pencari keadilan sudah tidak bisa lagi dibohongi oleh advokat karena pencari keadilan sudah bisa mengecek langsung dengan membuka website.

“Semua data tentang advokat sudah terekam semua, jadi tidak bisa main-main lagi,” tegasnya. Sementara ditanya soal kelemahan e-court, Juniver Girsang mengatakan nyaris tidak ada.

“Kalau kelemahan dari e-court sejauh ini belum kami temukan. Namun yang pasti dengan e-court semua advokat ditantang untuk mahir dalam menggunakan Perangkat elektronik,” pungkasnya.(pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment