Jual Motor Temanya Tanpa Izin, Wanita Asal Garut Diadili

Terdakwa Maria Anisa saat diadili di PN Denpasar. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Wanita asal Garut, Jawa Barat bernama Maria Aniasa (40) akhirnya harus berhadapan dengan majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (9/8).

Sebab, wanita berbadan subur ini nekad tanpa izin menjual sepeda motor milik temanya yang dititipkan padanya. Akibatnya, Anisa yang tinggal di Jalan Rasa Canggu ini pun terancam hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Sidang masih dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Nyoman Triarta Kurniawan. Dalam dakwaan disebutkan, aksi nekad terdakwa ini dilakukan pada tanggal 13 Mei 2018 silam.

Berawal saat saksi korban I Nyoman Santika datang ketempat tinggal terdakwa dengan maksud untuk menitipkan sepeda motornya kepada terdakwa karena saksi akan berangkat kerja ke Flores.

“Saksi korban menitipkan sepeda motor Vario, dan terdakwa mengiyakan dengan catatan terdakwa diizinkan meminjam kendaraan tersebut untuk bekerja,” sebut jaksa Kejari Badung itu sebagaimana dalam dakwaanya.

Namun terdakwa yang gelap mata itu tanpa izin saksi korban, menawarkan motor saksi korban untuk dijual melalui jejaring sosial, facebook. “Motor korban dijual dengan harga Rp 9 juta,” teranga JPU.

Tidak. lama kemudian, ada orang yang menghubungi terdakwa dengan maksud untuk membeli motor yang ditawarkan terdakwa. Karena motor tidak dibekali BPKB, si pembeli yang namanya tidak diketahui itu menawar harga motor itu Rp 6,5 juta.

Tanpa pikir panjang terdakwa langsung mengiyakan dan sepeda motor milik korban akhirnya berpindah tangan. Dalam dakwaan diterangkan, uang hasil penjualan motor itu oleh terdakwa digunakan untuk keperluan pribadi.

Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp 16 juta. Sementara terdakwa oleh JPU dijerat dengan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (pro)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment