Ketangkap Bawa Ganja, Pria Kelahiran Padang Dituntut 5,5 Tahun Penjara

Terdakwa Nadrizal Lubis alias Kibo usai akhirnya dituntut 5,5 tahun penjara. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Pria kelahiran Padang bernama Nadrizal Lubis alias Kibo yang kedapatan membawa ganja seberat 101 gram bernasib mujur.

Sebab, dengan barang bukti yang tidak sedikit itu, dia oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) hanya dituntut 5 tahun dan 6 bulan (5,5) tahun penjara.

Hal ini terungkap dalam sidang, Rabu (8/8) di PN Denpasar. JPU Peggy E Bawengan dalam amar tuntutannya yang dibacakan dihadapan majelis hakim pimpinan I Gede Ginarsa menyatakan terdakwa Kibo terbukti bersalah sebagaimana dalam dakwaan kesatu.

Yaitu tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika golongan I dalam bentuk tanaman. Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam Pasal 111 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Memohon kepada majelis hakim yang menyidangkan perkara ini untuk menghukum terdakwa Nadrizal Lubis alias Kibo dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan,” tegas jaksa Kejari Denpasar itu sebagaimana tertuang dalam surat tuntutannya.

Tak hanya itu, jaksa asal Manado itu juga menuntut terdakwa untuk membayar denda Rp 800 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 4 bulan.

Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi pengacara Ida Ayu Sayang Sukma Sari langsung mengajukan pembelaan secara lisan yang intinya memohon keringanan hukuman. Sementara JPU menyatakan tetap pada tuntutannya.

Seperti diketahui, terdakwa Nadrizal Lubis alias Kibo ditangkap polisi pada tanggal 6 Maret 2018 sekira pukul 19.30 wita di pinggir Jalan Muding Kaja atau tepatnya dibelakang Tiara Gatsu, Denpasar.

Penangkapan terhadap terdakwa berawal dari adanya laporan masyarakat yang mengatakan di daerah Kerobokan sering terjadi transaksi narkoba yang diduga dilakukan oleh seorang laki-laki yang belakangan diketahui adalah terdakwa.

Atas informasi itu petugas langsung melakukan penyidikan dan melihat terdakwa sedang mengendarai sepeda motor melintas di Jln. Muding Kaja. Saat itu langsung dilakukan penangkapan dan penggeledahan pada diri terdakwa.

Saat dilakukan penggeledahan, petuga berhasil mengamankan satu buah plastik yang berisikan ganja disimpan di dalam bagasi sepeda motornya. Tak hanya itu, petugas juga mengamankan 8 plastik klip di dalam tas terdakwa yang berisikan Narkotika jenis ganja.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan ditempat tinggal terdakwa di Jln. Raya Pandu GG Carik No 1. Dikamar terdakwa polisi kembali menemukan satu plastik klip yang di dalamnya berisikan ganja.

Setelah dilakukan penimbangan terhadap barang bukti yang ditemukan pada diri terdakwa berat totalnya adalah 104 gram.

Kepada petugas terdakwa mengaku mendapat ganja tersebut dari seseorang yang biasa dipanggil Abang. Terdakwa mengaku memesan ganja dari Abang melalui telepon. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment