Workshop K-13 Gugus Lebao Timur :Dari Nagi,Meretas Kebersamaan Pendidik Demi Anak Bangsa

Instruktur, dan Pengawas, sedang melakukan pendampingan dalam Kelompok Belajar, peserta Workshop K-13 Gugus VI Lebao Timur, di SDK La Mennais-Weri, Kecamatan Larantuka. Selasa (7/8). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Di hari kedua pelaksanaan Workshop Kurikulum 2013 (K-13) yang diselengarakan oleh gugus VI Lebao Timur, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, terlihat betapa ‘mesranya’ para pendidik di gugus pimpinan Yuliana Ndjang itu.

Bersatu untuk berbagi,dan berkumpul untuk saling menuntun,demikianlah kebersatuan para pendidik dari  enam (6) sekolah dasar yang tergabung dalam gugus Lebao Timur itu lalu meretas  jalan kebersamaan para pendidik untuk mencerdaskan, untuk membuat tranpil serta untuk membentuk karakter anak bangsa  yang beriman,bertagwa serta berbudaya.

Dari  tanah nagi Larantuka, keenam pimpinan sekolah dasar dan para guru kelas, serta para guru mata pelajaran PJOK dan Bahasa Inggris dengan tekun menyerap tularan ilmu dari kedua instruktur K-13 tingkat Kabupaten Flotim, Edigius Demon Lema dan Yuliana Ndjanang lalu meramunya dalam kebersamaan dan kekompakan kelompok, baik kelompok guru kelas,maupun kelompok guru mata pelajaran.

Semua mereka bergiat mengikuti perubahan kurikulum pendidikan itu dalam semangat kebersamaan memberi dan menerima untuk kemajuan bersama, baik kemajuan bersama dalam sekolahnya masing-masing, maupun kesuksesan bersama sebagai sebuah paguyupan yang bernama gugus VI Lebao Timur.

Berikut, pendapat para peserta tentang workshop tersebut:

Emiliana Sisilia Halan, Guru Kelas 4, SDI Supersemar:

“Bagi kami, kegiatan  ini sangat membantu kami,karena dengan adanya kegiatan ini,kami antara guru dalam satu gugus ini  bisa sharing  pengalaman dan bisa mempermudahkan kami dalam menyusun perangkat pembelajaran. Karena satu hal yang paling memberatkan kami berkaitan dengan K-13 ini adalah perangkat pembelajaran. Apalagi bagi kelas 3 dan kelas 6 yang baru berlaku di tahun ini. Artinya menjadi satu hal yang benar-benar baru untuk mereka,sehingga dengan kegiatan ini dapat membantu kami para guru untuk saling melengkapi, bekerja sama dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran. Dan ketika kami kembali ke sekolah  masing-masing, kami bisa langsung melaksanakannya,tidak lagi terbebani dengan kesulitan administrasi yang selama ini menjadi beban.”

Nini Tela Suryani, Guru Kelas 6, SDI Weri :

Workshop ini sangat membantu kami apalagi bagi kami guru kelas 6,yang belum mendapat pelatihan Kurikulum 2013. Workshop ini sangat bermanfaat,karena selama 3 hari ini kami bisa dapatkan pengetahuan tentang perangkat pembelajaran sesuai K-13, kami dapat bekal baru. Cuma saja waktunya sangat kurang, mengingat materi tentang perangkat pembelajarannya ini sangat banyak, apalagi tingkat kesulitan kami menggunakan IT.Kami komit, sepulang dari sini kami harus total melaksanakan K-13.”

Willy Muda, Guru Kelas 6, SDK Lebao Tengah 2 :

“Dengan kegiatan ini bisa berikan kami tambahan pengetahuan terutama dalam membuat perangkat pembelajaran, pembelajaran dalam membuat program pembelajaran, program semester maupun program tahunan serta  roster, jadwal pembelajaran, silabus dan juga RPP. Semua itu sungguh memperkaya skill kami  guru kelas 6 untuk menerapkan K-13 yang nota benenya menekankan pada karakter anak bangsa ke depan. Kami berusaha untuk terapkan dalam keseharian kami  di kelas, membimbing dan mendidik  anak bangsa kami ke depan.” (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment