Lancarkan Penerapan K-13, Gugus  Lebao Timur Gelar Workshop

Koordinator Pendidikan, Kecamatan Larantuka, Hendrikus Kerobi Hera (Tengah) ketika membuka kegiatan Workshop K-13   Gugus VI Lebao Timur ,Senin (6/8). Foto: BNN/doc.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Untuk melancarkan penerapan Kurikulum K-13 pada satuan pendidikan dasar, 6 Sekolah Dasar yang terhimpun dalam Gugus VI Lebao Timur Larantuka, Kabupaten Flores Timur, menggelar workshop K-13 secara terpusat di SDK La Mennais-Weri, Senin 6 Agustus hingga 8 Agustus 2018. Workshop tersebut dibuka oleh Koordinator Pendidikan Kecamatan Larantuka, Hendrikus Kerobi Hera pada Senin (6/7).

Dengan menghadirkan instruktur K-13 tingkat Kabupaten Flotim, Egidius Demon Lema dan Yuliana Ndjang, ke-75 peserta workshop yang terdiri atas semua kepala sekolah dalam gugus itu,guru kelas semua tingkatan (kelas 1-6), Guru Mata Pelajaran PJOK dan Bahasa Inggris yang berasal dari SD Inpres Supersemar, SDK La Mennais, SD Inpres Weri, SDK Carmen Sales, SDK Lebao Tengah 1 dan SDK Lebao Tengah 2 tersebut menggumuli isi tubuh K-13.

Instruktur melakukan pendampingan

Usai menerima pemaparan teori dari  Edigius dan Yuliana Ndjang, semua peserta dibagi dalam 8 kelompok kelas untuk langsung ‘bermain’ dengan hal-hal prinsip yang harus disiapkan oleh seorang guru, baik dari sisi admnistrasi maupun dari sisi teknis operasionalnya.

Pengawas gugus VI Lebao Timur, Yohanes Kahoran yang dikonfirmasi Balinewsnetwork.com, Selasa (7/8) disela-sela kesibukannya mendampingi proses pembelajaran kelompok peserta workshop tersebut,Selasa (7/8) meriwayatkan bahwa kegiatan workshop K-13 yang diadakan di gugus VI Lebao Timur itu terlahir dalam rapat K3S.

“Dalam rapat K3S kemarin,saya mencoba mendorong untuk mengintensifkan pengajaran atau pembelajaran atau sosialisasi K-13 dalam ruang yang lebih luas lagi di di wilayah gugus VI Lebao Timur yang menjadi wilayah binaan saya. Memang selama ini selalu ada sosialisasi tetapi dalam kondisi yang sangat terbatas.Kita membangun percakapan itu dan terjadilah seperti yang terjadi saat ini,apalagi dua instruktur K-13 tingkat Kabupate Flotim ini pun berasal dari gugus VI Lebao Timur.Kami melibatkan seluruh guru kelas  agar bagi guru kelas yang telah menjalankan K-13 selama ini bisa menjadi narasumber bagi mereka yang belum,terkhusus bagi  guru kelas 3 dan guru  kelas 6 yang baru menjalankan K-13 di tahun ini,” jelas Yohanes Kahoran.

Sedangkan terkait animo para peserta,baik Edigius maupun Yuliana  mengaku sangat takjub terhadap antusias mereka. Para peserta sangat giat mengikuti kegiatan tersebut.” Selain tepat waktu, daya ingin tahu mereka sangat tinggi,” tutur kedua instruktur K-13 tingkat Kabupaten Flotim itu. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment