Agustus 2018, Mahasiswa STIKOM Bali Mulai Magang Kerja di Jepang

Konsul Jendral Jepang Mr. Hirohisa Chiba (tiga dari kiri) foto bersama Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak.,MSi (tiga dari kanan) serta pejabat struktural STMIK STIKOM Bali. Foto: BNN/ist. 

Denpasar/BaliNewsNetwork-Jelang perayaan Dies Natalis ke-16, STIKOM Bali kembali menampilkan prestasi yang membanggakan. Pasalnya tepat pada hari Sabtu, (04/08/2018) mendatang, perguruan tinggi swasta terbaik di Bali Nusra ini sukses memberangkatkan mahasiswanya magang kerja ke Jepang. Mereka akan ditempatkan pada berbagai bidang industri di Jepang seperti pertanian dan juga industri teknologi. Program ini merupakan hasil kerja sama dari STIKOM Bali, LPK Darma dan Sento Cooperative Kyoto.

Konsul Jendral Jepang Hirohisa Chiba dalam sambutannya di acara pembukaan Japanese Festival ke-3 Sabtu, (28/07/2018) yang bertempat di lobby STIKOM Bali mengungkapkan dukungan penuh terkait program magang ke Jepang ini. “Saya mendukung penuh program ini. Sangat bagus orang-orang pintar bisa datang ke jepang untuk magang kerja dan semua yang magang ke Jepang harus legal. Usai kontrak kerja, tentu semua harus kembali lagi ke Bali, kembali membangun Bali dan Indonesia,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak.,MSi. pun mengungkapkan akan mempersiapkan dan terus meningkatkan skill para mahasiswa dan peserta magang ke Jepang agar siap bersaing dalam dunia industri di Jepang.

Japanese Festival sendiri merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Japanese Community of STIKOM Bali. J-Fest kali ini mengambil tema “Mugen no Natsuyasumi” yang artinya musim panas yang tidak terbatas. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 28 sd. 29 Juli 2018, yang diisi dengan acara festival kebudayaan Jepang, expo, hiburan, aneka lomba mulai dari singing contest, menggambar original charcter, menggambar manga, hingga lomba cosplay parade.

Sementara itu, Direktur LPK Darma, Drs. Dede Heryadhy, MM. menjelaskan LPK Darma adalah sebuah lembaga pelatihan kerja milik STIKOM Bali yang khusus mendidik dan melatih para lulusan sekolah menengah dan juga perguruan tinggi sebagai calon peserta magang di Jepang. Dalam hal ini LPK Darma sudah menjalin kerja sama dengan mitra bisnis di Jepang, yakni Sento Cooperative Kyoto sebagai lembaga penyalur calon peserta magang dari LPK Darma.

“Ada dua jalur untuk mengikuti magang kerja di Jepang. Pertama jalur umum, siapa saja bisa ikut, asal dinyatakan lulus tes wawancara oleh pihak Sento Cooperative Kyoto, tes fisik dan tes kesehatan. Jalur ini cocok untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin memiliki penghasilan setelah tamat pendidikan menengah tersebut. Kedua, jalur sebagai mahasiswa STIKOM Bali. Untuk jalur kedua ini, Anda harus berstatus mahasiswa STIKOM Bali minimal satu tahun kuliah barulah boleh ikut magang ke Jepang,” jelasnya.

Drs. Dede Heryadhy, MM. menambahkan, bagi mahasiswa yang mengambil program ini sudah dijamin bahwa status mahasiswa di STIKOM Bali ini tidak akan hilang. Sebab, selama magang di Jepang, perkuliahan tetap bisa berjalan menggunakan e-learning. (ri)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment