Wabup  Flotim Akui Anggaran Belum Pro Gender, Ultimatum Para Kades Memulai

Wakil Bupati Flores Timur,Agsutinus P.Boli,menandatangani dukungan dalam acara deklarasi bersama multi pemangku kepentingan Flores Timur, Rabu (25/7).Foto :BNN/Emnir

Larantuka/BaliNewsNetwork-Tak memungkiri kenyataan belum berpihaknya anggaran pembangunan yang responsif gender, Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH pun memerintahkan para Kepala Desa untuk memulainya  dengan menggunakan Dana Desa. Atas perintah tersebut,tersepakatilah pada Tahun 2019,setiap desa wajib mengalokasikan  dari dana desa minimal Rp 50.000.000 untuk kegiatan pembangunan yang responsif gender.

Tampil  membawakan sambutannya di acara Konsultasi Daerah Multi Pemangku Kegiatan ,yang diselenggarakan atas kerjasama Pemkab Flotim dan Pekka Flotim,Rabu 25 Juli 2018 bertempat di aula Koperasi Gelekat Nara,Wabup Agus Boli menyentakkan kesadaran para kepala desa dan para camat untuk menyetarakan gender  melalui  pengalokasian anggaran pembangunan  di desa

“Memang  di Flotim, belum nampak alokasi anggaran  yang responsif gender.Mengapa kegiatan ini menghadirkan juga para kepala desa,lurah dan para camat? Terkhusus  untuk  para kepala desa, harus bisa tetapkan anggaran yang pro gender,terutama di bidang ekonomi. Kita perkuat ekonomi dulu.Mulai di Tahun 2019 ini!,” pintanya  sambil mengarahkan para kepala desa untuk menetapkan nominal  wajarnya.

Kesepakatan pun terjadi pada angka minimal Rp 50.000.000. Kepada para Camat, Wabup Agus Boli mengingatkan untuk mengintensifkan peran koordinatif   demi mensinergiskan program-program yang responsif serta  penyetaraan gender dalam APBDes di setiap desa.

Sebagaimana yang disaksikan Balinewsnetwork.com, Diskusi Publik yang bertemakan Kepemimpinan Perempuan untuk Mewujudkan pencapaian SDG s yang Responsif Gender, Inklusif, dan Transformatif  tersebut diikuti dengan deklarasi  bersama multi pemangku kepentingan Kabupaten Flotim  untuk mewujudkan Pembangunan berkelanjutan. (Emnir)

 

Editor :Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment