Dituntut 15 Tahun Penjara, Bule Pengimpor Heroin dan Shabu Langsung Lemas

Denpasar/BaliNewsNetwork-Siegfried Karl Achim Ruckel (55) bule asal Jerman, yang kedapatan membawa Narkotika jenis heroin sebarat 7,09 gram dan Shabu sebarat 2,57 gram dari Berlin, Jerman nampaknya bakal berpikir ulang untuk kembali melakukan perbuatan yang sama.

Pasalnyapada sidang, Selasa (24/7) terdakwa yang ditangkap di terminal kedatangan Bandara internasional Ngurah Rai, Tuban itu dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Assri Susantina.

Jaksa dihadapan majelis hakim pimpinan Ni Made Purnami menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Kesatu. Yaitu tanpa hak memproduksi, mengimpor atau menyalurkan Narkotika Golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pada Pasal 113 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun,”sebut jaksa Kejati Bali itu.

Atas tuntutan itu, terdakwa melalui kuasa hukumnya menyatakan akan mengajukan pembelaan pada sidang pekan depan. “Kami mengajukan pembelaan yang mulia,” sebut kuasa hukum terdakwa.

Sementara itu sebagaimana dalam dakwana JPU sebelum, terdakwa Siegfried Karl Achim Ruckel (55) ditangkap petugas saat tiba di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai pada tanggal 26 Januari 2018 silam saat tiba dari Berlin, Jerman dengan menumpang pesawat Qatar Airline.

Sebelum ditangkap, terdakwa diminta oleh petugas untuk masuk kedalam mesin X-Ray guna menjalani pemeriksaan. Nah saat terdakwa masuk, petugas melihat gerak-geriknya sangat mencurigakan.

Karena curiga,. petugas lalu melakukan pemeriksaan pada diri terdakwa dan juga barang-barang bawaannya. Saat memeriksa barang bawaanya, petugas menemukannya Narkotika jenis Kokain dan Shabu-shabu. Kepada petugas terdakwa mengaku membeli barang itu dari seorang bandar di Berlin. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment