Beli Motor Curian, Merta Jaya Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Ilustrasi (net)

Denpasar//BaliNewsNetwork-Pedagang bensin eceran bernama I Made Merta Jaya (37) hanya bisa tertunduk lesu saat mengetahui dirinya dituntut satu tahun dan enam bulan (1,5) tahun penjara.

Dalam sidang beberapa waktu lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Peggy Elleng Bawengan dihadapan majelis hakim PN Denpasar menyatakan terdekat yang beralamat di Jln. Nangka Selatan itu terbukti bersalah sebagai penadah (membeli barang curian).

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pada Pasal 480 KUHP.

“Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan,” sebut jaksa Kejari Denpasar itu.

Dalam surat tuntutan, JPU juga mengurai sejumlah fakta yang terungkap dalam persidangan. Diantaranya, terdakwa ditangkap pada tanggal 31 Maret 2018 sekira pukul 11.30 WITA di Jln. WR Supratman.

Sebelum terdakwa ditangkap, ia terlebih dahulu membeli sebuah sepeda motor Honda Scoopy DK 8446 IH atas nama Ni Putu Cintya Junita Sari yang beralamat di Jln Siulan, Denpasar.

Sebelum membeli, terdakwa sudah mengetahui bahwa motor tersebut hanya ada STNK.

Sepeda motor tersebut dibeli oleh terdakwa dari orang yang bernama I Putu Eka Darma (DPO) seharga Rp 4.100.000. Apesnya, sepeda motor yang dibeli terdakwa ini adalah sepeda motor curian yang sebelumnya sudah dilaporkan hilang.

Setelah membeli motor tersebut, terdakwa lalu berniat untuk menjual kembali.

Terdakwa lalu menawarkan motor tersebut untuk dijual di media sosial dengan harga Rp 6.500.000. Atas postingan iklan jual motor tersebut, seseorang yang bernama I Kadek Nanda Dwi Kusuma (pemilik sepeda motor).

Dwi Kusuma akhirnya menghubungi terdakwa sebagai penjual dan membuat janji untuk bertemu di tempat terdakwa bejualan bensin eceran yaitu di Jln. WR Suparman.

Sebelum bertemu, pemilik motor rupanya sudah menghubungi polisi. Seketika itu pula terdakwa langsung diamankan. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment