Chrome Hadir Dengan Nuansa Baru

Penulis: Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi
STIKOM Bali

Denpasr/BaliNewsNetwork-Setelah bertahun-tahun hampir tidak ada perubahan tampilan, Google akhirnya merombak tampilan Google Chrome. Pengguna Google Chrome mungkin merasa bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja. Memang jika diingat-ingat, Google selama ini hanya memberi perubahan-perubahan minor untuk Chrome. Itu pun bukan dari sisi tampilan, melainkan fitur-fitur lainnya. Namun kali ini Google dikabarkan akan merombak tampilan khusus untuk Chrome versi desktop.

Raksasa mesin pencari ini akan memberi perubahan besar, baik dari sisi desain maupun fitur. Gooogle Chrome yang telah dirancang ulang ini sudah mulai diuji coba dalam versi Canary. Tampilan baru Google Chrome ini sudah jadi tampilan default Chrome Canary untuk Windows, Linux, dan Chrome OS. Namun, Canary sendiri adalah versi eksperimental dari Google Chrome yang masih dalam tahap pengembangan. Jadi versi ini belum final dan masih banyak ditemukan bug atau kesalahan sistem.

Desain Chrome anyar ini hadir  dengan karakteristik yang lebih dinamis. Warnanya lebih lembut dan ada beberapa fitur tambahan yang dikembangkan. browser Chrome ini memiliki sejumlah perubahan di antaranya adalah bentuk tampilan tab, pewarnaan tab, sampai indikator peringatan pada tab tersebut. Tampilan baru Google Chrome bakal lebih dinamis. setiap sudut tab di tampilan baru Chrome ini dirombak jadi lengkung. Padahal di tampilan lama, sudutnya kaku dan tajam.

Untuk tombol tambah tab, sekarang jadi lebih tegas dengan adanya icon plus — tidak lagi sekedar tombol kosong seperti di tampilan lama. Dan di batas masing-masing tab, saat ini menempel satu sama lain yang dipisahkan garis vertikal — tidak lagi memiliki potongan sudut seperti di tampilan lama. Ini membuat tampilan tab yang di pin jadi lebih rapi daripada sebelumnya. Lebar tab di tampilan baru juga lebih besar dari sebelumnya.

Lalu jika di perhatikan, address bar di tampilan lama berbentuk kotak. Lebih siku di masing-masing sudutnya — tetapi di tampilan baru, address bar Google Chrome diubah menjadi lengkung, dengan border biru saat kursor aktif. Menu Account diletakkan di sebelah kanan address bar, untuk menarik pengguna Chrome login ke Google Account saat browsing. Tombol-tombol kalau kamu perhatikan juga dibuat bergaya lengkung.

Yang paling mencolok, adalah hadirnya elemen khas Material Design (desain flat) yang bakal disematkan pada Chrome terbaru nanti. Tampilan warna dari desain baru Chrome ini memang lebih lembut dan dinamis. Berbeda dengan Chrome biasa yang cukup tajam. Namun belum bisa ditemukan fitur-fitur lain seperti pewarnaan tab, maupun pinned tab pada Chrome versi Canary. Walaupun demikian, desain baru Chrome ini akan sangat mudah digunakan karena memang posisi tombol dan menu masih mengadopsi dari versi Chrome sebelumnya. Pada browser ini, Anda pun bisa mengintegrasikan akun Google dalam satu halaman. Dengan melakukan login akun lewat halaman depan Chrome, Anda dapat membuka akun Gmail, YouTube, bahkan Google Drive tanpa harus login ulang.

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment