Nipu Sewa Rumah, Brata Diadili di PN Denpasar

Denpasar/BaliNewsNetwork-I Gede Sudira Brata, Senin (9/7) harus diadili di PN Denpasar. Pasalnya pria yang beralamat di Jln Gunung Guntur itu diduga melakukan tindak pidana penipuan.

Sidang kemarin masih dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewa Narapati. Dalam dakwaan dipaparkan, perbuatan terdakwa dilakukan sekitar bulan September 2017 silam di rumahnya.

Aksi tipu tipu yang dilakukan terdakwa ini berawal saat korban Kiselev Timofey (WN Rusia) yang hendak menyewa sebuah rumah bertemu dengan terdakwa. Terdakwa sendiri mengaku berminat ingin menyewakan rumahnya.

Terdakwa lalu mengatakan kepada korban bahwa rumahnya akan disewakan dengan harga Rp 31 juta pertahun. “Korban lalu tertarik untuk menyewa rumah terdakwa,”ujar JPU. Korban lalu bertemu kembali dengan terdakwa yang saat itu terdakwa sedang bersama temannya.

“Pada pertemuan itu terjadi kesepakatan antara terdakwa dan korban terkait sewa menyewa rumah itu. Karena sudah ada kata sepakat, dibuatnya surat sewa menyewa dengan harga sewa Rp 31 juta pertahun.

Setelah itu korban menyerahkan uang Rp 31 juta. Namun setelah korban menyerahkan uang dan menunggu hingga tanggal penyerahan yang dijanjikan terdakwa, terdakwa belum juga menyerahkan kunci rumah yang akan ditempati korban.

“Korban lalu meminta kembali uang sewa yang sudah diserahkan kepada terdakwa namun terdakwa tidak mau memberikanya,”sebut jaksa. Merasa tertipu korban pun melaporkan kasus ini ke polisi.

Sementara atas perbuatannya ini, jaksa menjerat terdakwa dengan Pasal 372 KUHP pada dakwan kesatu dan Pasal 378 KUHP pada dakwaan kedua.(pro)

Editor : Rahman Sabon itu

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment