Aplikasi Tik Tok Dicabut?

Foto: BNN/Ist.

Penulis: Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Di era digital seperti sekarang ini, Kebanyakan orang ikut menanggapi apa yang sedang viral di internet. Salah satu yang menjadi trending topic beberapa hari ini adalah layanan berbagi video, Tik Tok. Aplikasi ini resmi diblokir di Indonesia pada hari Selasa (03/07) malam. Aplikasi Tik Tok ini sudah tak bisa diakses. Ketika dibuka, antarmuka aplikasi hanya menyodorkan pemrosesan (loading) konten. Pemblokiran didasari hasil pemantau tim AIS Kominfo, pelaporan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PPA), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), serta masyarakat luas.

Terhitung belum mencapai 24 jam diblokir tim manajemen Tik Tok menyambangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) di Medan Merdeka, Jakarta, pada hari Rabu (04/07) sore. Mereka adalah SVP Bytedance (perusahaan induk Tik Tok), Zhen Liu; SVP dan CEO Tik Tok, Kelly Zhang; Head of Legal Tik Tok, Yujie Chang; serta Head of Public Policy Tik Tok, Jia He.

Kunjungan ini membahas pemblokiran layanan berbagi video tersebut di Indonesia. Dalam pertemuan yang berlangsung menteri Kominfo memberikan syarat bagi Tik Tok untuk beroperasi di Indonesia, diantaranya batas umur pengguna TikTok ditingkatkan menjadi 16 tahun. Yang terpenting adalah komitmen Tik Tok untuk memberantas konten negatif agar aman diakses masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut menteri Kominfo juga menganjurkan Tik Tok untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia. Tujuannya agar komunikasi dengan pemerintah bisa lebih cepat dan juga ada tim khusus yang mengawal konten di Indonesia.

Tik Tok sendiri merupakan aplikasi yang memberikan special effects unik dan menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya dengan mudah sehingga dapat membuat video pendek dengan hasil yang keren serta dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna lainnya. Aplikasi sosial video pendek ini memiliki dukungan musik yang banyak sehingga penggunanya dapat melakukan performanya dengan tarian, gaya bebas, dan masih banyak lagi sehingga mendorong kreativitas penggunanya menjadi content creatore. Dibalik berbagai berbagai berita miring mengenai Aplikasi viral ini, apakah anda berminat untuk mengunduhnya sebagai wadah berkreasi? Tetapkan pilihan Anda untuk menjadi netizen Indonesia yang cerdas.

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment