Disidang Tipiring, Duktang Tanpa Identitas Didenda Rp 52 Ribu Per Orang

Duktang tanpa identitas disidang tipiring (BNN/ist)

Mangupura/BaliNewsNetwork-Puluhan penduduk datang (Duktang) tanpa identitas yang terjaring razia di Terminal Mengwi di denda Rp 52 ribu.

Dari 94 yang terdata sedikitnya ada 27 orang yang ditipiring (tidak pidana ringan). Sidang Tipiring dipimpin oleh Hakim I Gusti Ngurah Partha Bhargawa.

Namun sebelum ada sidang tipiring ini, Sat Pol PP bersama Dinas Sosial Kabupaten Badung sudah memulangkan secara paksa belasan duktang yang lolos pemeriksaan di pintu masuk Bali di Gilimanuk.

Rinciannya pada Senin (18/6) lalu, dipulangkan 11 orang. Kemudian, Rabu (20/6), ada 1 orang lagi sudah dipulangkan karena telantar dan kehabisan biaya untuk pulang ke NTT.

“Yang 27 orang ini disidang Tipiring tadi pagi (kemarin) bertempat di Terminal Mengwi,” ujar Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Kamis (21/6).

Sebanyak 27 Duktang tanpa identitas ini adalah hasil sidak tim gabungan, Kamis kemarin. Mereka dominan berasal dari Jawa Timur. “Sebanyak 27 orang ini kita jaring tadi pagi,” imbuhnya.

Berdasarkan keputusan sidang Tipiring para duktang bodong ini langsung dijerat dengan sanksi denda sebesar Rp 52 ribu. Uang ini kemudian disetor ke kas daerah.

“Mereka yang disidang tipiring dikenakan sanksi denda sebesar Rp 52.000 per orang. Uang yang kita pungut disetorkan ke kas daerah,” kata Suryanegara.

Menurutnya, selama pengamanan arus balik, tim gabungan telah melakukan pemeriksaan terhadap 40 bus dengan 1.130 orang penumpang yang tiba di Terminal Tipe A tersebut.

Alhasil, tim gabungan berhasil mengamankan 94 penumpang yang tidak memiliki identitas.

Duktang yang dipulangkan, lanjut Suryanegara adalah mereka yang tidak memiliki identitas diri dan tidak memiliki tujuan jelas. Jumlah mereka mencapai 12 orang.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment