Pokmaswas Ritaebang Lepas 51 Tukik

Pelepasan Tukik (anak Penyu) di perairan U’uma,Kelurahan Ritaebang,Selasa (12/6).Foto :BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork.com-Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kelurahan Ritaebang,Solor Barat kembali  melepaskan 51 ekor tukik ke laut di perairan Ritaebang,Selasa (12/6) pukul 19.00 wita.Pelepasan yang dilaksanakan di perairan U’uma,Ritaebang itu  merupakan pelepasan   ketiga, pasca Kristo Kelan Werang,Cs membuat penangkaran telur penyu.

Acara pelepasan tukik tersebut dihadiri oleh Kabid Pengawas Sumber Daya Perikanan dan Usaha Dinas Perikanan Kabupaten Flores Timur,Apolinardus Y.P Demoor,Kanit Polair Polda NTT Pos Flotim,Tim WCS ,Misoof Baseftin,Pjs.Lurah Ritaebang,Urbanus Werang,Kapospol Solor Barat,Bripka Agustinus NR,anggota Pokmaswas Ritaebang dan Ketua Kelompok Nelayan Watan Ago,Domi Moton.

Ketua Pokmaswas Ritaebang,Kristo K.Werang disela-sela pelepasan tersebut menjelaskan ke-51 tukik tersebut berasal dari 119 telur penyu yang ditangkar.

“Anak penyu atau tukik ini menetas pada Senin (11/6) pukul 23.30 wita.Kami lalu mengamankannya kemudian menginformasikannya ke di Dinas Perikanan Flotim hingga pada malam ini dilaksanakan pelepasan ke-51 tukik ini.Masih sekitar 400 telur yang ada dalam penangkaran tersebut dengan usia tangkar  bervariasi.”papar Kristo Werang.

Sebelumnya,di Selasa (12/6) pukul 10.30 wita,terjadi penyerahan 105 butir telur penyu dari kelompok nelayan Watan Ago kepada Pokmaswas Kelurahan Ritaebang untuk ditangkar.Ketua Watan Ago,Domi Moton kepada Pokmaswas Ritaebang mengharapkan agar ke-105 butir telur penyu yang diamankan anggota kelompoknya itu dapat dijaga hingga tetas.Dengan gembira,Kristo Werang,Deus Werang,Paulus Niron,Vinsen Hayon menerima telur itu dan meminta kelompok Watan Ago untuk bersama-sama melestarikan pantai,menyelamatkan perairan dan biota laut di perairan Ritaebang. (Emnir).

Editor :Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment