Induk Penyu di Lepaskan,Kelompok Nelayan Watan Ago Serahkan Telur Penyu ke Pokmaswas Ritaebang

Kelompok Nelayan Watan Ago menyerahkan 105 butir telur penyu kepada Ketua Pokmaswas Ritaebang,Kristo Werang,disaksikan Pjs Lurah Ritaebang,Selasa (12/6).

Solor/BaliNewsNetwork.com-Anggota Kelompok Nelayan Watan Ago,lingkungan Augelarang,Kelurahan Ritaebang di Selasa (12/6) melakukan pelepasan seekor induk penyu dan menyerahkan 105 butir telur kepada Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Kelurahan Ritaebang untuk masuk dalam tempat penangkaran.

Yosep Kebaku Hayon menghantar induk penyu ke laut

Adalah Lukas Laga Hayon,Simon Sang Hayon dan Yoseph Kebaku Hayon yang dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com di lokasi penemuan dan pelepasan induk penyu ,Senin (12/6)  menguraikan ,ihkwal penemuan tersebut berawal dari ketiga mereka mencari kepiting untuk dijadikan umpan pada Senin  (11/6) sekitar pukul 19.00 wita.Ketika tiba di lokasi tana nu’an,senter Lukas mendapatkan jejak penyu.Ketika mengikuti jejak tersebut,Luka Hayon,Simon dan Yos Kebaku lalu mendapatkan seekor penyu yang sedang mengorek pasir dan bertelur.

“Kami membiarkan penyu tersebut bertelur sampai selesai.Ketika dia menutup tempat bertelurnya dan melakukan pengelabuhan tempat bertelurnya itu dan hendak berjalan pulang ke laut,kami mengamankan induknya itu dan melaporkan ke staf  lapangan Misool Baseftin Fiany Hayon.Mengapa kami mengamankan induk penyu itu dan berusaha menyerahkan telur penyu itu? Hal itu kami lakukan karena Pemerintah Kelurahan kami telah mengumumkan perlindungan biota laut yang salah satunya adalah penyu. “tutur Lukas Hayon yang diamini Yosep Kebaku Hayon dna Simon Sang Hayon.

Acara pelepasan induk penyu tersebut disaksikan oleh staf lapangan Misool Baseftin,Fiany Hayon,Kapospol Solor Barat Bripka Agusstinus NR, anggota Pokmaswas Ritaebang,Vinsen Nedun Hayon dan beberapa warga lingkungan Augelarang.

Setelah melakukan pelepasan induk penyu tersebut,Kelompok Watan Ago lalu melakukan penyerahan 105 butir telur penyu tersebut kepada Pokmaswas Ritaebang di lokasi penangkaran telur penyu,pantai U’uma Ritaebang.Acara serah terima telur penyu itu disaksikan oleh Pjs. Lurah Ritaebang,Urbanus Werang.(Emnir).

Editor :Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment