Keluarga Besar Irda Gelar Buka Puasa Bersama MUI Flotim

Acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Inspektorat Daerah Flores Timur bersama MUI Flotim, Jumat (8/6) di Masjid Agung Syuhada, Ekasapta-Larantuka. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Untuk mempererat tali persaudaraan dalam lingkungan kerja dan dalam hubungan sosial kemasyarakatan,Keluarga Besar Inspektorat Daerah Kabupaten Flores Timur,Dharma Wanita Unsur Pelaksana bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Flores Timur menggelar acara buka puasa bersama di Masjid  Agung Syuhada,Ekasapta,Jumad (8/6).

Menitikberatkan pada kualitas silaturahmi,Ustad Wahyudin (kepala KUA Kecamatan Larantuka) dalam kotbah singkatnya mengajak umat Muslimin untuk terus mempererat tali persaudaraan baik dengan sesama seiman maupun dengan sesama yang tidak seiman sebagaimana yang telah diajarkan rasulullah SAW.

Mengapa harus silaturahmi ? Sembari menguraikan pemaknaan etimologis, Ustad Wahyudin dengan lantang menyeruhkan Allah Maha Pencipta telah melahirkan semua manusia dari rahim yang sama yaitu rahim Hawa.Oleh karena itu semua kita adalah satu,semua kita adalah bersaudara karena kita berasal dari rahim yang sama.

“Silaturahmi berasal dari sila yang berarti sambung dan rahmi  artinya rahim .Jadi bagaimana kita menggabungkannya pengertian itu? Silahturahmi dalam konsep pencitptaan Tuhan yang Maha Besar yaitu semua kita berasal dari satu rahim yang sama yaitu Hawa.Itulah sebabnya setiap kali pertemuan untuk menyatukan di antara kita, kita sebut dengan silaturahmi .Hal itu dikarenakan kita yakin Tuhan kita hanya satu dan yang menjadikan satu rahim ini menjadi berjuta-juta manusia itu adalah berasal dari rahim yang sama.Hawa.”tegasnya seraya menambahkan silahturahmi sesusungguhnya tidak hanya dengan sapaan saja ,tidak juga hanya dalam wujud bersalaman namun harus dengan peluk dan cium.

Dengan terus menekankan pentingnya silaturahmi tersebut,Ustad yang terkenal murah senyum menggarisbawahi silaturahmi  yang berkualitas merupakan ibadah yang terhebat dalam konsep ibadah kolektif selain sholat.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com,acara buka puasa bersama tersebut  terlihat sangat mesra.Baik Ketua MUI Flotim,Ahmad Bethan dan keluarga besar Irda Flotim  dari berbagai agama ,dan pengurus Masjid Agung Syuhada dengan penuh persaudaraan menikmati berkah Ramadhan itu. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment