Portal Edukasi “Medsos” dari Facebook untuk Remaja

Penulis: Ni Putu Putri Ayu Wijawanthi
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Jumlah pengguna yang didominasi oleh anak muda membuat Facebook merilis sebuah halaman khusus untuk mengedukasi para remaja, terkait penggunaan media sosial. Portal khusus anak muda ini berisi rangkuman informasi dan segala macam layanan Facebook yang disajikan dengan lebih ringkas dan berwarna.

Halaman Youth Portal ini juga berisikan penjelasan tentang apa saja data yang dikumpulkan Facebook dan bagaimana media sosial ini menggunakannya. Facebook akan terus memperbaruai portal ini berdasarkan masukan-masukan dan mendorong remaja untuk mengunjungi halaman ini dari waktu ke waktu.

Secara garis besar, Youth Portal adalah halaman informasi yang didesain dengan lebih berwarna, agar menarik perhatian anak muda. Halaman ini menurut Facebook, ditujukan untuk meningkatkan awareness pengguna yang masih remaja tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak. Bukan hanya informasi soal petunjuk penggunaan media sosial. Pada portal ini ada juga bagian atau sesi khusus layaknya “surat pembaca” dari seluruh anak muda di dunia tentang bagaimana mereka menggunakan media sosial dalam kehidupannya sehari-hari.

Di halaman ini memuat cukup banyak menu yang disajikan. Portal ini pun berisi saran serta beberapa panduan untuk menggunakan internet bagi anak muda. Youth Portal tersedia dalam 60 bahasa di Facebook sehingga diharapkan dapat menjangkau banyak pengguna secara global. Hal ini merupakan cara baru untuk membagikan tips kepada pengguna yang usianya remaja. Facebook juga akan terus melakukan diskusi untuk belajar dari remaja ini tentang bagaimana mereka menggunakan Facebook.

Portal ini diketahui merupakan upaya Facebook untuk menjangkau semua remaja di seluruh dunia agar lebih mawas diri terkait isu privasi yang tengah melanda. Dalam proses pembuatan halaman ini, Facebook mengatakan telah melakukan riset dan diskusi di kalangan remaja Inggris, Amerika Serikat hingga Brasil. Anda dapat mengakses portal ini pada https://www.facebook.com/safety/youth/. Selamat berbagi ilmu.

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment