Warga Balaweling I  Punya ‘JTP Apung dan Bergerak’

KMP Blessing Ryan gunakan Rakit untuk berlabuh dan menyeberangkan penumpang dan barang.Gambar diambil,Selasa (22/5).Foto  :BNN/ Emnir.

Solor /BaliNewsNework.com-Tak ada rotan,akar pun jadi,begitulah padanan adagium itu dengan kenyataan yang terjadi di desa Balaweling I,Kecamatan Solor Barat,Flores Timur terkait  sarana transportasi laut. Walau belum memiliki Jembatan Tambatan Perahu (JTP),pelayanan KMP Blessing Ryan tetap berjalan. Lantas bagaimana mobilisasi para penumpang dan barang menuju KMP Blessing Ryan  yang berlabuh di tengah perairan M’newit itu ?

Dengan sebuah rakit,demikianlah ‘JTP Apung dan Bergerak‘ itu memobilisasi penumpang dan barang baik dari tepian pantai ke kapal motor,dan sebaliknya.Di rakit itu pula KMP Blessing berlabuh usai beroperasi.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com,Selasa (22/5),ketika tiba di areal labuh,M’newit (Balaweling I),sang nahkoda Piet Hayon akan merapatkan KMP Blessing Ryan pada sebuah rakit kepunyaan mereka.

Dua tali tambat labuh dengan sigap terpasang oleh Sanger Werang,cs pada rakit tersebut,dan diikuti dengan proses perpindahanan  penumpang dan barang dari kapal motor  ke rakit dan selanjutnya menuju darat.Demikian pun sebaliknya.

Tak cuma  di pelayaran pagi,kondisi serupa terjadi juga pada pelayaran sore(malam).Rakit akan menjadi ‘dermaga bergerak’  dari tempat labuh KMP Blessing Ryan menuju tepian pantai m’newit Balaweling I.

Tak menyerah dengan kondisi yang ada,KMP Blessing  Ryan tetap melajuh sembari menularkan berkat pelayanannya kepada  warga Solor dari pelabuhan Ritebang-Balaweling I-Larantuka,PP. (Emnir).

Editor :Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment