Nostalgia Tamagotchi dengan Smartphone

Penulis: Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Untuk Anda yang lahir di era 90-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tamagotchi kan? Dengan Tamagotchi, Anda seakan-akan memiliki hewan peliharaan. Anda bisa memberinya makan, mengajaknya main, ia juga bisa sakit dan mati. Bedanya, hewan itu Anda pelihara secara virtual.

Jika Anda kangen dengan Tamagotchi, tenang saja. Kini Anda bisa bernostalgia dengan mainan hewan peliharaan virtual hanya dengan berbekal perangkat mobile. Tamagotchi dulu yang berbentuk mainan kini bisa dimainkan di perangkat Android dan iOS. Game tersebut diberi nama My Tamagotchi Forever yang dirilis oleh game developer asal Jepang, Bandai.

Game My Tamagotchi Forever mengadopsi cara bermain yang tak jauh berbeda dengan mainan Tamagotchi original. Pengguna diajak untuk mengawasi kebutuhan hewan peliharan virtual secara teratur, misalnya memberi makan dan membersihkan kotoran hingga peliharaan tersebut dewasa. Dalam My Tamagotchi Forever, pengguna tak hanya diajak untuk memberi makan, memandikan, dan mengajak bermain peliharaan virtual tetapi juga membuat sebuah kota berjuluk “Tamatown”.

Dalam “Tamatown” ini pengguna bisa berinteraksi dengan karakter Tamagotchi yang berbeda. Mainan Tamagotchi yang memungkinkan pengguna memelihara hewan peliharaan virtual. Mainan Tamagotchi yang memungkinkan pengguna memelihara hewan peliharaan virtual. Istimewanya, game ini mengandalkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam gameplay-nya serupa dengan Pokemon GO. Penambahan fitur berbasis Augmented Reality membawa perubahan berbeda di mana pengguna bisa mengeksplorasi area di sekitarnya.

Dari sisi grafis, hewan peliharaan virtual dalam game tersebut tak lagi berbentuk kotak-kotak piksel monokrom seperti versi mainannya. My Tamagotchi Forever mengadopsi tampilan 3D, serupa dengan game Animal Crossing yang dikembangkan oleh Nintendo. Peliharaan virtual dalam game tersebut tak lagi berbentuk kotak-kotak piksel monokrom seperti sebelumnya, melainkan grafis 3D. Tamagotchi Forever mengadopsi tampilan 3D, serupa dengan permainan Animal Crossing yang dikembangkan oleh Nintendo. Permainan ini telah diunduh sebanyak lebih dari 500.000 kali dan mendapat skor rata-rata 3,9 dari 5 di Google Play Store. Game ini bisa didapatkan secara gratis melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Namun jika menginginkan fitur dan beberapa opsi tambahan dalam permainan, Anda diwajibkan membayar dalam jumlah tertentu.

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment