Terbukti Bersalah, Mang Jangol Dituntut 15 Tahun Penjara

Terdakwa Jro Gede Komang Swastika alias Mang Jangol (BNN/dok)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Mantan Wakil Ketua DPRD Bali, Jro Gede Komang Swastika alias Mang Jangol yang terjerat kasus Narkotika, Kamis (17/5) dituntut hukuman 15 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewa Narapati dan Dewa Lanang Raharja dalam amar tuntutanya yang dibacakan dihadapan majelis hakim pimpin IA Adnya Dewi menyatakan terdakwa Mang Jangol terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan kedua.

Yaitu melakukan, turut melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I.

Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (1) UU RI. No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sebelum menjatuhkan tuntutan, jaksa Kejari Denpasar ini terlebih dahulu mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan.

Yang memberatkan, terdakwa adalah Wakil Ketua DPRD Bali yang saharusnya memberikan contoh bagi masyarakat, terdakwa sempat masuk dalam daftar pencarian orang, dan perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah.

Sedangkan hal-hal yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatanya dan terdakwa adalah tulang punggung keluarga.

“Memohon kepada majelis hakim untuk menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun,”sebut jaksa dalam surat tuntutanya.

Selain itu jaksa juga menuntut agar terdakwa membayar denda Rp 1 Miliar, dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman penjara selama 6 bulan.

Atas tuntutan itu, terdakwa melalui kuasa hukumnya, Iswahyudi Eddy P dan Arimba Putra menyatakan mengajukan pembelaan pada sidang selanjutnya.”Kami mengajukan pembelaan,”sebut Iswahyudi dimuka sidang.

Tuntutan yang diterima Mang Jangol ini, sama persis dengan tuntutan yang diterima oleh istrinya, Ni Luh Ratna Dewi. Dimana sebelumnya, JPU Putu Gede Suriawan menuntut Ni Luh Ratna Dewi alias Bu Dewi dengan pidana penjara selama 15 tahun.

Jaksa dalam amar tuntutanya menyatakan, terdakwa Bu Ratna terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana tertuang dalam Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI. No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Berita terkait : 

Diadili, Mantan Wakil Ketua DPRD Bali Mang Jangol Terancam Hukuman Mati

Istri Mang Jangol Pingsan Usai Dituntut 15 Tahun Penjara

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment