Simpan 4,07 Gram Sabu dalam Kamar, Made Mol Divonis 5,5  Tahun Penjara

Denpasar/BaliNewsNetwork-Terdakwa I Made Ardinata alias Made Mol hanya bisa tertunduk saat majelis hakim PN Denpasar pimpinan Novita Riama menjatuhkan vonis 5 tahun dan 6 bulan (5,5 tahun) penjara.

Majelis hakim dalam sidang, Senin (7/5) dalam amar putusnya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putu Gede Suriawan yang menyatakan terdakwa yang tinggal di Jln. Raya Sesetan itu terbukti bersalah tanpa hak, menyimpan, memiliki, menguasai atau menyediakan Narkotika.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pada Pasal 112 ayat (1) UU RI. No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sebagaimana dalam dakwaan pertama.

“Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan,”sebut Hakim Novita. Atas putusan ini, baik terdakwa maupun jaksa menyatakan menerima.

Seperti diketahui, sebelumnya jaksa Kejari Denpasar itu Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 8 tahun. 

Sebelum menjatuhkan tuntutan, jaksa terlebih dahulu membacakan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Yang memberatkan perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas segala jenis penyalahgunaan Narkotika.

Sedangkan hal-hal yang meringankan, terdakwa sopan dalam persidangan, mengakui serta menyesali perbuatanya, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Sementara itu, sebagaimana terungkap dalam surat dakwaan, terdakwa sebelumnya ditangkap pada tanggal 9 Desember 2017 sekira pukul 08.00 Wita di rumahnya.

Sebelum terdakwa ditangkap, petugas kepolisian awalnya menerima laporan dari masyarakat yang menyebut ada orang yang bernama I Made Ardinata alias Made Mol (terdakwa) yang tinggal di Sesetan sering membawa Narkotika.

Atas laporan itu petugas langsung bergerak menuju rumah terdakwa di Jln. Raya Sesetan, Pegok, Denpasar. “Sampai di rumah terdakwa, polisi langsung menangkap terdakwa dan menanyakan apakah terdakwa menyimpan Narkotikan,”ungkap Jaksa.

Atas pertanyaan petugas, terdakwa menjawab iya dan menunjukan dimana tempat terdakwa menyimpan Narkotika jenis sabu-sabu sebarat 4,07 gram itu.

Selain menemukan barang bukti sabu, petugas juga menemukan satu buah timbangan eletrik, bong (alat hisap sabu) dan beberapa bendel plastik klip kosong.

Dalam surat tuntutan disebut pula, saat ditanya petugas dari mana terdakwa mendapat sabu, terdakwa menjawab dari seseorang yang bernama CakCak. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment