Pertama di Polda NTT, Polres Flotim Modernkan Pelaporan Bhabinkamtibmas Via BUSI

Kapolres FLotim,AKBP Arri Vaviriyanto didampingi Kasat Bimas Polres FLotim,M. Zuksin memberikan sosialisasi tentang sistem aplikasi BUSI Bhabinkamtibmas, Senin (23/4). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Polres Flores Timur berhasil menciptakan sebuah aplikasi android yang diperuntukkan  bagi pasukan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).Perdana di lingkup Polda NTT,aplikasi tersebut dinamai Buku Saku Informasi (BUSI) Bhabinkamtibmas Polres Flores Timur.

Kapolres Flores Timur,AKBP Arri Vaviriyanto dalam acara peluncuran BUSI tersebut Senin (23/4),dihadapan seluruh anggota Bhabin lingkup Polres Flotim menjelaskan aplikasi BUSI ini merupakan modernisasi sistem pelaporan yang dikhususkan bagi para Bhabinkamtibmas Polres Flotim.

“Bila sebelumnya para Bhabin memberikan laporan melalui catatan kemudian memasukannya  secara aplikatif kepada pimpinan,namun dengan aplikasi BUSI ini,anggota Bhabin dengan cepat memberikan laporan tentang kegiatan apa saja serta kejadian apa saja yang terjadi di wilayah binaan mereka.BUSI merupakan sistem pelaporan riiltime,karena langsung terkoneksi dengan pimpinan.Pimpinan secara langsung memonitor seluruh kegiatan yang diikuti anggota Bhabin termasuk didalamnya bagaimana seorang Bhabinkamtibmas memediasi dan menyelesaiakn sebuah masalah.” jelas AKBP Arri Vaviriyanto sembari menjelaskan titik unggul dari aplikasi BUSI tersebut adalah pelaporan secara riiltime,tidak bisa merekayasa kegiatan dan pelaporan,serta langsung terpantau pimpinan.

Mengibaratkan fungsi busi dalam struktur   mesin,Kapolres Arri Vaviriyanto dalam acara peluncuran aplikasi BUSI tersebut menempatkan Bhabinkamtibmas sebagai penggerak utama terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.Oleh karena itu maka sistem pelaporan mereka pun dinamakan dengan BUSI. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment