Rahman dan Gus Tile Sebut BB yang Ada Padanya Tidak Ada Kaitanya dengan Mang Jangol

Rahman (kiri) dan Gus Tile saat bersaksi untuk terdakwa Mang Jangol (BNN/pro)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sidang kasus Narkotika yang menjerat mantan Wakil Anggota DPRD Bali, Jro Gede Komang Swastika alias Mang Jangol sebagai terdakwa, Kamis (19/4) dilanjutkan.

Dalam sidang, Jaksa Penuntut Umum Dewa Narapati dan Dewa Lanang Raharja menghadirkan tiga orang saksi.

Mereka adalah, Rahman, I Made Agus Sastrawan alias Gus Tile dan Ni Luh Ratna Dewi (ketiganya terdakwa dalam berkas terpisah.

Namun, sebagai istri terdakwa, Ratna Dewi memilih mengundurkan diri sebagai saksi. Dengan demikian, hanya dua saksi yang diperiksa dalam sidang yang dipimpin Hakim IA Andya Dewi tersebut, yaitu Rahman dan Gus Tile.

Namun tidak banyak yang dapat diungkap dari dua saksi tersebut. Sebab, barang bukti sabu yang ada pada kedua saksi, menurut keterangan kedua saksi tidak ada kaitanya dengan terdakwa Mang Jangol.

“Barang (sabu) yang ditemukan polisi di kamar saya, bukan saya dapat dari terdakwa, tapi istri terdakwa,”sebut Rahman.

Namun, Jaksa kembali mengingatkan terdakwa Rahman agar tidak berbohong.

“Ini dalam BAP ada saksi menyebut pernah menerima sabu dari terdakwa. Ini benar apa tidak,”tanya Jaksa Dewa Narapati yang dijawab terdakwa benar.

“Saya sekali menerima sabu dari terdakwa, itu setelah saya datang dari jawa setelah Lebaran.”ungkap saksi Rahman. Rahman, kembali menegaskan bahwa dia hanya sekali menerima sabu dari terdakwa.

Tapi keterangan Rahman ini dibantah oleh terdakwa.”Itu (pernah memberi sabu kepada rahman) tidak benar,”kata terdakwa Mang Jangol yang didampingi pengacara Iswahyudi Edy P dan Ketut Rinata.

“Terus apa imbalanya setelah saksi jualan sabu yang diberikan oleh Ratan Dewi,”tanya hakim yang dijawab saksi semuanya menggunakan sistem setoran. “Kalau saya dikasih 5 gram, maka setoranya Rp 11 juta,”sebut Rahman.

Pengakuan Gus Tile juga nyaris sama dengan pengakuan Rahman. Dia mengatakan tidak pernah mendapat sabu dari terdakwa. Dari Ratna Dewi pun terdakwa mengaku baru satu kali.

“Dari Ibu Ratna Dewi saya mendapat sabu, tapi itu pun hanya sekali,”sebut Gus Tile.

Namun, saksi tidak bisa mengelak saat Hakim Adnya Dewi mengingatkan saksi bahwa saksi pernah menyetor uang hasil penjualan sabu kepada terdakwa.

“Iya, saya pernah menyerahkan uang hasil penjualan sabu kepada terdakwa, tapi itu uang titipan yang nanti diberikan kepada Ratna Dewi,”kilah Gus Tile.

Pengakuan ini juga dibantah oleh terdakwa.”Saya tidak pernah menerima uang dari saksi,”sebut terdakwa.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment