Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan  Public Speaking Sasar DWP

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sering kali untuk tampil berbicara di depan umum sangat sulit bagi sejumlah orang. Mengingat untuk bisa berbicara harus mempunyai kemampuan terutama menguasai materi yang akan disampaikan.

Terlebih lagi bagi perempuan di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar yang tergabung dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Demikian disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat membuka pelatihan public speaking di gedung wanita Santhi Graha Denpasar, Selasa (17/4) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar.

Pelatihan yang berlangsung sehari diikuti 44 orang peserta yang dihadiri Plt. Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara.

“Saya harapkan perempuan berani tampil untuk bicara di depan umum. Untuk itu kemampuan bicara di depan umum harus terus diasah,” ujar Rai Iswara.

Melalui pelatihan public speaking Rai Iswara berharap para perempuan berani tampil berbicara di depan umum.

Pelatihan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dari anggota DWP dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Rai Iswara menambahkan untuk proses pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Denpasar ada tiga hal yang menjadi dasar pembangunan yaitu kesehatan, pendidikan dan sosial.

Melalui tiga dasar pembangunan tersebut mengarah pada pelaksanaan pembangunan yang lainnya.

Untuk proses pendidikan menurut Rai Iswara harus dilakukan dengan baik, seperti pelatihan sekarang ini.

Pelatihan public speaking merupakan merupakan proses pembangunan dasar bagi perempuan terutama bidang pendidikan.

Bila ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik Rai Iswara meyakini pembangunan di Kota Denpasar untuk mewujudkan masyarakat bahagia akan dapat tercapai.

Untuk mencapai semua yang diharapkan tersebut Rai Iswara menyampaikan harus dibingkai dengan catur marga yaitu bhakti marga, jnana marga, krya marga dan yoga marga.

Untuk bhakti marga semua orang harus bisa menerima dirinya apa adanya sehingga terus berupaya meningkatkan kualitas diri melalui jnana marga.

Setelah kualitas diri dapat dekembangkan maka harus berkesentarsi melalui yoga marga untuk bekerja dan bekerja dalam hal ini krya marga sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti menyampaikan pelatihan ini untuk meningkatkan jejaring kerja organisasi perempuan dan meningkatkan peran perempuan dalam jabatan publik.

Untuk itu dalam pelatihan public speaking menghadirkan nara sumber yang berkompeten dibidangnya seperti Ni Ketut Sri Sumahardani dan untuk instruktur menhadirkan Eko Juriarto dan Ika Mahardhiati Rahadjeng. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment