Nelayan Riang Rita Selamatkan Seekor Chelonia Mydas

Tim Pengawas Perairan Flores Timur sedang melakukan identifikasi Penyu Hijau yang terjaring pukat nelayan desa Riang Rita, Ile Bura. Foto: BNN/doc.

IleBura/BaliNewsNetwork-Seekor chelonia mydas (Penyu Hijau) yang berukuran  panjang total  140 cm, tungkai depan 50 cm, tungkai belakang 40 cm, dengan  panjang kepala 25 cm, serta memiliki lebar tempurung 98 cm, berhasil diselamatkan oleh nelayan desa Riang Rita, Kecamatan Ile Bura, Flores Timur, Rabu (11/4).

Kepala Dinas Perikanan Flores Timur, Ir.Erna Dasilva melalui Kepala Bidang Pengawas Sumber Daya Perikanan dan Perijinan Usaha, Apolinardus Y.P Demoor sebagaimana salinan keterangannya yang copiannya diterima Balinewsnetwork.com, Kamis (12/4) menjelaskan, seekor penyu hijau yang terjaring pukat Leonardus Wajon Kedang (40) di pesisir perairan desa Riang Rita pada Rabu (11/4) itu berhasil dibebaskan dan dilepaskan kembali ke laut.

“Ceritanya begini: Leonardus Wajon Kedang pada Rabu, 11 April 2018,pukul 17.00 wita menebarkan pukat hanyutnya di pesisir perairan Riang Rita. Pada pukul 21.00 wita, pukat yang memiliki panjang 8 psc tersebut ditariknya.Semakin banyak pukat yang ditarik, Leonardus semakin  merasakan pukatnya bertambah berat dan tertarik dari dalam laut. Ternyata pukatnya terjaring seekor penyu berukuran besar. Nelayan tersebut lalu menariknya ke darat dan mengurai pukat yang membeliti seluruh tubuh chelonia mydas itu,” tutur Apolinardus Y.P.Demoor.

Setelah mendapat laporan dari nelayan tersebut, tim Dinas Perikanan bersama Satwas PSDKP Larantuka, WCS dan Misool Baseftin, langsung bergerak menuju tempat temuan seekor penyu hijau tersebut.Setelah memberikan penjelasan singkat terkait perlindungan biota laut termasuk penyu sebagaimana yang teratur dalam UU No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, bersama nelayan tersebut, tim pengawas laut Flores Timur itu pun lalu melepaskan kembali penyu hijau itu ke laut. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment