Dari Vanili, Demon Dei Kampung Terisolir Itu Kebanjiran Berkat

Bupati Anton Gege Hadjon melakukan panen perdana Vanili Organik yang dikembangkan PT Tripper Nature di desa Demon Dei, Wotan Ulumado, Senin (9/4). Foto: BNN/Emnir.

WotanUlumado/BaliNewsNetwork-Berawal dari perjalanan survey terhadap tanaman vanili di pulau Adonara (Desember 2017) silam,Mr.Danniel,staf PT Tripper Nature lalu menetapkan pilihannya untuk berdiam bersama para petani dan penduduk di desa Demon Dei.Tinggal bersama,melakukan pendampingan,mengajarkan,dan membeli hasil panenan langsung di tempat! Demikiankanlah bermula dari tanaman petani yang tidak terurus itu,kini menjadi berkat berkelimpahan.

Setelah membangun komunikasi dan kerjasama dengan Pemda Flotim,Mr. Daniel bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Flores Timur  lalu melebarkan sayap ke desa-desa sekitar untuk mengajak para petani vanili mengembangkan vanili organik.

Dengan tetap menjadikan Demon Dei sebagai pusat pengembangan vanili organik,tim Tripper lalu membina 107 petani vanili  organik pada 11 desa di pulau Adonara.Di atas lahan vanili seluas 147 ha,pengembangan vanili organik yang telah dimulai Mr.Daniel pada Desember 2017 silam itu kini terpanenkan.

Walau belum mencapai target panenan,serta belum semua petani vanili  bergabung mengembangkan vanili organik dampingan PT Tripper itu,namun hanya karena Vanili,masyarakat di kampung surga yang terisolir itu mendapat berkat yang membanjir.

“Hasil panenan Vanili Organik yang kita kembangkan disini baru mencapai 3,5 ton.Masih sangat kecil,karena banyak petani yang belum bergabung mengembangkan vanili secara organik.Semoga kedepannya semua petani vanili bergabung.Kami langsung membelinya di sini dengan harga mengikuti harga pasar.Walau harga vanili di pasar jatuh pada level terburuk pun kami tetap membelinya dengan harga minimum Rp.100.000/kg.Bila harga pasar naik,maka kami membelinya sesuai harga pasar.” urai Manager Lapangan PT.Tripper nature,Mr.Daniel dalam sambutannya di acara panen perdana Vanili Organik,Senin (9/4) oleh Bupati Flotim.

Keselarasan pola kerja PT. Tripper dengan Misi Pemda Flotim ”Menyelamatkan Tanaman Rakyat Flotim” melalui sitem pengembangan vanili organik tersebut membuat wajah Bupati Anton Hadjon semakin berseri-seri.Konsep besar  duet kepemimpinan Bereun Senaren untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian dan perkebunan milik masyarakat Flotim serta mendekatkan petani dengan  dunia pasar,kini terjawab satu per satu.

“Kami sadar sebagian besar  penduduk Flotim adalah petani.Flotim akan sejahtera bila petani kita sudah sejahtera,dan sebaliknya,oleh karena itu kami lahirkan salah satu misi kami Selamatkan Tanaman Rakyat Flotim.Kami sadari sepenuhnya dengan pertambahan jumlah penduduk,kami menyadari sungguh dengan pola tanam petani kita  selama ini,kami sadar sungguh akan tingkat produktivitas perkebunan kita yang sudah pada tingkat maksimal namun cendrung menurun.Bagaimana kita selamatkan dan kita tingkatkan produktivitasnya serta bagaimana pemasarannya?Nah,seperti yang terlihat pada sistem kerjasama yang dibangun bersama PT.Tripper Natura ini.”ungkap Bupati Anton dengan terus menerus memberikan apresiasinya kepada tim PT.Tripper yang bekerja selaras dengan misi kepemimpinan daerah Flotim itu.

Dari vanili,dunia luar mengenal kampung terisolir di kecamatan Wotan Ulumado itu.Dari vanili organik yang hasilnya telah dinikmati para petani,berkat baru lainnya siap muncul di kampung itu.Jahe dan Kunyit organik pun akan  dikembangkan PT.Tripper Nature di desa yang memiliki jumlah penduduk 356 orang itu.Demikian pun akses jalan dan jembatan menuju kampung itu pun siap dibenahi Pemda Flotim.Demon Dei,kampung surga yang terisolir itu pun kini mulai terjamah,berkat vanili,berkat tanaman rakyat,berkat selamatkan tanaman rakyat Flotim. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment