Sorgum Flotim Diminati Pasar, Distanak Perbanyak Luas Tanam 250 Hektar

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur, Ir.Anton Wukak Sogen. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Tingginya permintaan dunia pasar terhadap hasil produksi Sorgum asal Flores Timur,memacu semangat Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur untuk menambah luas tanam tanaman berfamili poacea itu .Selain Likotuden dan beberapa tempat lainnya,Distanak dalam perencanaan di Tahun 2018 akan menambah 250 hektar lahan untuk pengembangan tanaman pangan multi fungsi ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur,Ir.Anton Wukak Sogen kepada BaliNewsNetwork.com diruang kerjanya,Rabu (13/3) menjelaskan pihaknya telah melakukan pemetaan kawasan tanam baru khsus untuk sorghum spp  dengan rincian 200 hektar lahan baru di pulau  Solor,dan 50 hektar berada di wilayah Adonara.

Maria Loretha.Foto :BNN/doc.

“Dari 200 hektar yang disiapkan di wilayah Solor itu terbagi atas 100 hektar di Kecamatan Solor Barat,50 hektar Solor Timur dan 50 hektar di Solor Selatan.Juga 50 hektar untuk wilayah Adonara.Kenapa Solor ? Hal itu dikarenakan  karakteristik lahan di sana sangat cocok untuk Sorgum yang memiliki karakteristik mampu hidup di wilayah dengan tingkat kekeringan tinggi.Selain jagung dan Mente,sorgum merupakan salah satu tanaman alternatif yang sangat cocok dengan kondisi alam di pulau Solor.”urai Ir.Anton Wukak bersemangat.

Tak cuma itu,realitas berkembanganya ternak sapi yang membaik di pulau yang terkenal dengan sebutan pulau gudang batu tersebut akan mendapat tambahan pakan ternak dari sorgum itu sendiri.

“Jadi ada dampak ikutannya.Selain panen biji Sorgum,petani-peternak akan semakin kelimpahan pakan ternak,terkhusus bagi ternak sapi yang berkembang pesat di sejumlah desa di pulau Solor itu.Termasuk di wilayah lainnya di kabupaten Flotim ini. Jujur,permintaan Sorgum  kita dari dunia pasar sangat tinggi,sedangkan tingkatan produksi kita masih kurang untuk menjawabi permintaan itu. Oleh karena itu kita harus kembangkan .Apalagi Pemerintah Pusat telah memberi sertifikat sorgum Flotim merupakan komoditi unggul. Tinggal menanti sertivikasi pelepasan sorgum kita sebagai benih unggulan.”paparnya dengan terus memompa semangat para petani Flotim  untuk tidak malu sebagai petani. (Emnir)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment