Digerogoti Mosi Tidak Percaya, Kepsek SMP Negeri 1 Larantuka Dicopot

Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH menyerahkan SK Pemberhentian Kepsek SMP Negeri 1 Larantuka kepada Yosep Marselinus Fernandes, Senin (12/3) di ruang kerja Wabup. Foto :BNN/doc.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Polemik internal yang sedang terjadi antara para guru dan pegawai dengan Kepala SMP Negeri 1 Larantuka  berbuntut pada pencopotan jabatan kepala sekolah yang sedang disandang Yoseph Marselinus Fernandez,S.Pd . Keputusan pencabutan jabatan Kepsek Untuk Fernandez tersebut tertuang dalam SK Bupati bernomor BKPP.821.12/36/PKM/2018 tertanggal 12 Maret 2018 dan mengangkat Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Flotim  Jhon Kolin  sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plh) Kepsek SMP Negeri 1 Larantuka. Sedangkan Yoseph Marselinus  Fernandez akan menjalankan tugas baru sebagai staf Dinas PKO Flotim.

Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli usai menyerahkan SK Pemberhentian  kepada Yosep Marselinus Fernandez di ruang kerjanya, Senin (12/3) pukul 19.30 Wita menjelaskan, keputusan pemberhentian tersebut diambil  pasca dirinya membangun koordinasi dengan Bupati Anton Hadjon, usai menerima ke-42 guru dan pegawai pada sekolah tersebut  yang mengajukan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Kepsek Yosep Marselinus Fernandez .

Wabup Floti Agustinus Payong Boli menerima pernyataan mosi tidak percaya dari guru dan pegawai  SMP Negeri 1 Larantuka. BNN/IST.

“Sudah tiga kali rombongan besar guru dan pegawai SMP Negeri 1 Larantuka datang menyampaikan kepada kami tentang gaya kepemimpinan Kepsek yang tidak transparan dalam aspek pengelolaan keuangan sekolah serta  otoriter yang berdampak pada terganggunya aktivitas belajar dan mengajar pada lembaga pendidikan tersebut. Tadi pagi saya menerima ke-42 guru dan pegawai yang menamakan diri mereka Forum Guru dan Pegawai Peduli SMP Negeri 1 Larantuka yang secara tegas menyatakan mosi tidak percaya mereka terhadap figur Kepsek itu dan mendesak untuk segera menggantikan Yosep Marselinus Fernandez. Sebelum keputusan tersebut diambil, saya mengundang Kepsek tersebut. Setelah mendengar klarifikasi Yoseph Marselinus  yang ditemani  6 guru lainnya, Saya meyakinkan kepadanya untuk menerima keputusan pencabutan jabatan Kepsek yang sedang melekat pada dirinya itu demi menyelamatkan ribuan anak didik  pada SMP Negeri 1 Larantuka. Apalagi dalam waktu dekat akan ada Ujian Nasional,” tutur Wabup Agus Boli.

Yoseph Marselinus Fernandez pun menerima baik  keputusan pemberhentian dirinya. SK Pemberhentian itu diserahkan oleh Wabup Agus Boli kepada Yosep Marselinus Fernandez di ruang kerjanya disaksikan oleh Kepala Dinas PKO Flotim  Bernadus Beda Keda, dan Kepala Bidang Mutasi BKPP Flotim. Usai menerima SK tersebut, Yosep Marselinus Fernandez- sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com-langsung meninggalkan ruangan  Wabup Flotim.(Emnir)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment