Mabes Polri Sita Kapal Pesiar Mewah Asal Amerika di Bali

Kapala pesiar mewah asal Amerika, Equanimity si perairan Nusa Sua, Bali. BNN/SID

Denpasar/BaliNewsNetwork.Com-Bareskrim Mabes Polri menyita sebuah kapal pesiar mewah hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan sebuah grup bisnis di Amerika Serikat, Rabu (28/2) di Bali.

Kapal mewah yang nilainya mencapai Rp 3,5 triliun tersebut disita lantaran membelinya hasil uang korupsi.

Kasubdit TPPU Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Kombes Pol Jamaludin menerangkan, pihaknya baru dihubungi oleh tim FBI Amerika Serikat sekitar dua minggu yang lalu.

Saat balinewsnetwork.com mendatangi kapal mewah yang berada di perairan Nusa Dua, Badung, kapal bernama Equanimity ini berawak 34 crew.

Tampak kapal mewah berbendera negara Inggris itu berada dalam naungan sebuah agen bernama Indonusa yang berlokasi di Bali.

Kombes Jamaludin menerangkan, kapal tersebut merupakan barang bukti tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang sudah diputus di pengadilan California.

Sementara pengadilan PN Denpasar baru menetapkan kapal tersebut sebagai barang sitaan pada Selasa (27/2) kemarin.

“Bahwa kapal ini dicari-cari di sana (Amerika) karena merupakan hasil kejahatan TPPU korupsi di sana yang dilakukan oleh grup namanya nanti ya, ucapnya,” di perairan Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (28/2).

Sementara itu, Wadir Tipideksus Bareskrim Mabes Polri Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, kapal mewah tersebut masuk ke perairan Bali melalui Thailand sejak November 2017 lalu.

Menurut informasi selain melakukan penyitaan, tim Bareskrim Mabes Polri bersama FBI menggeledah kapal yang bercat hitam dan memiliki panjang kurang lebih 100 meter tersebut

Hingga berita ini diturunkan pihak Mabes Polri, FBI, Dit Pol Air dan KSOP Benoa masih menggeledah seluruh isi kapal. (SID)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment