Gunakan Akun FB Palsu, Residivis Kasus Pencurian HP Nipu Rp 7 juta

Terdakwa I Wayan Dedi Armawan alias Dedi (BNN/pro)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Ulah pria bernama I Wayan Dedi Armawan alias Dedi benar-benar konyol. Bagaimana tidak, dengan menggunakan akun Facebook (FB) palsu dan foto milik orang lain dia berhasil menipu seorang pria bernama I Kadek Agus Saputra.

Hebatnya lagi terdakwa berhasil memperdaya Agus Saputra yang sudah terlanjur “jatuh cinta” dengan akun FB palsunya yang diberi nama Bintang Ayura itu hingga Rp 7.410.0000.

Nah, akibat perbuatanya, terdakwa Dedi harus dihadapkan di muka persidangan, Rabu (28/2) kemarin. Sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Agus Walujo, selain mengagendakan pembacaan dakwaan, juga langsung dilanjutkan pemeriksaan saksi-saksi.

Ada 4 orang saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Suhadi. Dari 4 orang itu 1 adalah saksi korban Agus Saputra dan saksi yang fotonya dibajak terdakwa dan digunakan di akun palsu miliknya yaitu saksi Ni Made Ayu Wimalasari.

Terungkap dalam dakwaan jaksa, kasus yang mengantarkan terdakwa yang merupakan residivis kasus pencurian handphone ini berawal saat terdakwa membuat akun FB bernama Bintang Ayura pada tahun 2015 silam.

Setelah itu terdakwa mengambil foto-foto di aku FB atas nama Wimala Ayu milik Ni Made Ayu Wimalasari.

“Terdakwa lalu menggunakan salah satu foto yang ada di aku FB milik saksi Wimalasari dan dijadikan foto profile di akun FB yang terdakwa beri nama Bintang Ayura,”ujar JPU.

Setelah akun FB yang dibuat selesai, terdakwa meminta petemanan dengan korban Kadek Agus Saputra yang menggunakan akun FB Agus Saputra. Singkat cerita korban mulai tertarik dan obrolan pun berlanjut hingga ke blackberry massager (BBM).

Nah, korban yang sudah mulai jatuh cinta berhasil diperdaya terdakwa dengan meminta sejumlah uang salah satunya digunakan untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Hingga korban mengalami kerugian total Rp 7.410.000.

Atas perbuataya, terdakwa djerat dengan Pasal 32 ayat (1) Jo Pasal 48 ayat (1) dan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) UU RI. No. 19 tahun 2016 tentang ITE.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment