Peringati HUT Ke-230 Kota Denpasar-Ratusan Siswa SD Ikuti Festival Bahasa Bali

Para peserta festival bahasa Bali (BNN/ist)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Melestarikan keberadaan bahasa Bali sebagai bahasa ibu berbagai langkah dilakukan Pemerintah Kota Denpasar termasuk juga menggandeng para penyuluh bahasa Bali yang bertugas di di Kota Denpasar.

Salah satunya dengan menggelar Festival Bahasa Bali yang diikuti ratusan peserta dari perwakilan SD di se-Kota Denpasr.

Demikiandisampaikan I Wayan Widiarta, Ketua Panitia Penyelenggara disela-sela pembukaan festival, Kamis (22/2) di Lapangan Taman Kota Denpsar.

Lebih lanjut Widiarta menambahkan festival yang dilaksanakan ini untuk melestarikan budaya yang ada khususnya bahasa Bali.

Melalui festival ini berbagai kegiatan lomba diselenggarakan mulai dari nyastra bahasa bali yang diikuti anak-anak SD, lomba madding yang diikuti anak-anak SMP dan lomba video gram.

“Lomba-lomba ini semua menggunakan bahasa Bali. Dengan demikian kami harapkan dapat melestarikan bahasa Bali sejak anak-anak,” ujarnya.

Lebih lanjut Widiarta menambahkan festival yang dilaksanakan ini untuk kedua kalinya dan disambut antusias oleh semua pihak.

Disamping itu Pemerintah Kota Denpasar memberikan sangat memfasilitasi setiap kegiatan dalam pelestarian bahasa Bali.

Melalui festival ini diharapkan keberadaan bahasa Bali kedepannya semakin lestari. Untuk itu festival ini melibatkan anak-anak sekolah yang merupakan generasi penerus.

Widiarta juga menambahkan untuk lomba-lamba yang dilaksanakan sekarang ini diikuti sekitar 500 peserta.

Untuklomba video gram para peserta membuat rekaman tentan Kota Denpasar dimana bahasa pengantar menggunakan bahasa Bali.

Sedangkan untuk lomba madding para peserta membuat gambar-gambar dengan menggunakan bahasa Bali.

Sedangkanuntuk menulis aksara Bali para peserta menyalin dari huruf latin dengan menggunakan bahasa Bali. Kegiatan ini juga untuk mendukung Denpasar sebagai Kota Berwawasan Budaya.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment