Divonis 5 Tahun,  Dua Terdakwa Pemilik 2 Gram Sabu Ajukan Banding

Agus Kartiawan (kanan)  dan Wachid Zainudin (kiri)  usai mendengarkan vonis hakim (bnn/pro)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Tim kuasa hukum Agus Kartiawan dan Wachid Zainudin yang menjadi terdakwa dalam kasus kepemilikan 2,84 dan 0, 58 gram sabu yang dikomandani Teddy Raharjo akhirnya menyatakan banding atas putusan 5 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi pada sidang, Senin (22/1).

“Kami ajukan banding,”ungkap Teddy yang ditemui usai sidang. Mengenai alasan banding, Teddy mengatakan karena tidak sependapat dengan putusan hakim yang menyatakan terdakwa terbukti melakukan tindak pidana pemufakatan jahat menyimpan,mengusai dan menyediakan Narkotika. Harusnya, kata Teddy, klienya divonis sebagai pengguna.

“Saksi dokter ada, fakta persidangan juga mengarah bahwa kedua terdakwa adalah pemakai,”sebut Teddy.

Sementara itu, dalam sidang, majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi dalam amar putusanya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Made Dipa Umabara yang menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat menyimpan,mengusai dan menyediakan Narkotika.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI. No 35 tahun 2009 tetang Narkotika. Namun majelis hakim tidak sependapat dengan lamanya pidana penjara yang dimohonkan jaksa yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun, denda Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara.

“Menghukum kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun,”sebut Hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi dalam putusnya. Hakim juga menjatuh vonis hukuman denda Rp 800 juta.

“Apa bila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 6 bulan,”pungkasnya.

Diberitakan, kedua terdakwa ditangkap Polisi pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu di Jalan Pulau Bangka, Denpasar. Saat ditangkap dilakukan penggeledahan, baik penggeledahan badan maupun penggeledahan ditempat tinggal kedua terdakwa.

Hasil penggeledahan, petugas berhasil menyita Narkotika jenis sabu-sabu deberat 2,84 dan 0,58 gram. Selain itu polisi juga berhasil mengamankan, satu buah alat hisap,satu buah korek api gas, dan sendok pipet warna putih.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment