Menghalangi Penyidikan, Mantan Hakim Dipenjara 18 Bulan

Ida Bagus Rai Patiputra saat mendengarkan vonis hakim di Pengadilan Tipikor Denpasar. BNN/PRO

Denpasar/BaliNewsNetwork-Mantan hakim yang menjadi terdakwa karena mengahalangi penyidikan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) IB Rai Patiputra, akhirnya dihukum penjara selama 18 bulan.

Dalam sidang Rabu (17/1), majelis hakim Tipikor pimpinan Made Sukereni menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja menarik suatu barang yang disita berdasarkan ketentuan UU atau yang dititipkan atas perintah hakim.

Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 23 UU RI. No. 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 tahun 2001 tentang Pemberantas Tindak Pidana Korupsi.”Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 18 bulan,” sebut hakim Made Sukereni.

Ida Bagus Rai Patiputra (bnn/pro)

Selain menghukum penjara, majelis hakim juga mengukum terdakwa dengan pidana denda senilai Rp 100 juta. “Apa bila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama tiga bulan,” tegas hakim Sukereni.

Atas putusan yang sedikit lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Hary Soetopo tersebut, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir. Begitu pula dengan JPU. “Kami pikir-pikir yang mulia,” tegas Haryo.

Sebelumnya, jaksa Hary Soetopo, jaksa yang bertugas di Kejaksaan Tinggi Bali (Kejati) itu menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun  dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan penjara.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment